1. Jelaskan perbedaan pengetahuan dan ilmu pengetahuan, dan pentingnya etika

Berikut ini adalah pertanyaan dari regimweg pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Jelaskan perbedaan pengetahuan dan ilmu pengetahuan, dan pentingnya etika dalam penelitian sosial!2. Jelaskan pokok-pokok masalah yang diteliti dalam ilmu sosial dan ragam pendekatan dalam penelitian!
3. Jelaskanlah langkah-langkah pokok dalam penelitian!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Dari definisi pengetahuan, ilmu pengetahuan, dan pentingnya etika dalam penelitian sosial, kita dapat melihat perbedaan dari ketiga hal tersebut.

Pengetahuan merupakan suatu informasi yang didapatkan oleh seseorang dengan cara mencari informasi tersebut.

Suatu informasi yang dipelajari sedemikian sehingga seseorang itu mendapatkan pengetahuan guna membuktikan dan mengetahui suatu kebenaran disebut dengan ilmu pengetahuan.

Etika dalam penelitian sosial merupakan adab atau perilaku yang digunakan dari proses awal hingga akhir dari suatu penelitian. Ini adalah hal yang sangat penting, terutama ketika peneliti berhadapan dengan narasumber.

Pokok-pokok masalah yang diteliti adalah wawancara, studi kasus, eksperimen, survei, pengamatan. Adapun langkah-langkah pokok dalam penelitian adalah sebagai berikut.

  • Mengidentifikasi masalah yang akan diteliti.
  • Mencari narasumber.
  • Mengolah data yang diperoleh.
  • Menyajikan data.

Pembahasan

Apabila seorang peneliti hendak melakukan suatu penelitian sosial, peneliti harus menjaga dan memperhatikan etika supaya sesuai dengan kaidah penelitian dan agar bisa bermanfaat bagi sesama tanpa menyinggung pihak lain.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang etika dari suatu penelitian pada

yomemimo.com/tugas/20823017

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 06 Aug 22