2. Sebuah pabrik tekstil mendapatkan protes keras dari warga setempat

Berikut ini adalah pertanyaan dari AnatasyaValery pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. Sebuah pabrik tekstil mendapatkan protes keras dari warga setempat karena tidak mengelola limbah produksi dengan benar. Warga, melalui tokoh masyarakat, menyampaikan beberapa tuntutan ganti rugi kepada perusahaan atas pencemaran lingkungan yang mereka rasakan. Warga menyampakian keluhan dan tuntutan tersebut langsung kepada pemilik pabrik agar kasus tersebut mendapatkan perhatian serius dari perusahaan.Humas mengenal beberapa jenis publik yang di antaranya diidentifikasi berdasarkan aktivitasnya. Berdasarkan hal tersebut, termasuk dalam jenis publik apakah kelompok warga yang digambarkan dalam kasus di atas? Berikan alasannya!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Wargamemberikanprotes kepada pemilik perusahaan karena limbah yang dihasilkan perusahaan merusak lingkungan warga. Dalam ilustrasi tersebut, berdasarkan pandangan dari humas, warga dalam kasus tersebut termasuk dalam kelompok publik yang merupakan sekelompok orang yang memiliki cara pandang dan kepentingan sama terhadap suatu hal.

Pembahasan

Hubungan masyarakat atau lebih akrab dikenal dengan humas adalah salah satu aspek penting yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan. Humas memilik peran utama sebagai lidah dari perusahaan di mana humas akan memberikan informasi yang berkaitan dengan perusahaan kepada pihak internal dan juga pihak eksternal perusahaan. Dalam kasus di atas, kita juga bisa melihat salah satu peran humas di mana humas harus bisa menjadi penyalur informasi dari pemilik perusahaan kepada sekelompok orang yang menuntut suatu hal dari perusahaan. Berdasarkan pandangan humas, berikut adalah jenisdarikelompok sosial:

  • Publik: sejumlah orang yang memiliki kepentingan dan cara pandang yang sama terhadap suatu hal.
  • Massa: sekelompok orang yang tidak dikenal di mana anggota kelompoknya juga tidak saling mengenal.
  • Khalayak: pengguna media.
  • Kerumunan: sekelompok orang yang hadir secara spontan.
  • Kerumunan aktif: sekelompok orang yang hadir dan bertindak guna menciptakan kekacauan.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang tugas humas yomemimo.com/tugas/2812223
  2. Materi tentang tujuan humas yomemimo.com/tugas/12483538
  3. Materi tentang peran humas pada perusahaan yomemimo.com/tugas/50426326

Detail jawaban

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: -

Kode: 10.12

#AyoBelajar #SPJ2 

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 20 Jan 23