1 Pada perusahaan besar yang mempunyai beberapa bidang usaha, permasalahan

Berikut ini adalah pertanyaan dari jiminriko362 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Pada perusahaan besar yang mempunyai beberapa bidang usaha, permasalahan yang dihadapisangat kompleks. Pihak manajemen menerapkan tiga tingkatan manajemen strategi. Jelaskan
tiga tingkatan manajemen strategi tersebut!
Bagaimana hubungan satu dengan yang lainnya dan bagaimana perannya terhadap pencapaian
tujuan perusahaan?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Pada manajemen strategi ada 3 tingkatan yang diterapkan oleh pihak manajemen yaitu :

  • Strategi Korporasi ialah strategi yang dibuat berdasarkan pengamatan terhadap lingkungan sekitar dengan merumuskan keunggulan keunggulan yang dipunyai melalui pengamatan pasar atau pengamatan kebutuhan konsumen pasar dengan tujuan untuk menciptakan pertumbuhan perusahaan. Strategi ini biasanya digunakan untuk mengatur perusahaan yang berada di bawah induk perusahan dengan masa jangka waktu minimal 10 tahun.
  • Strategi Unit Bisnisialah strategi yang tediri dari4 misi strategi, yaitu build, hold, panen, dan divestasi. Pada misi build perusahaan akan menggunakan strategi yang bertujuan untuk meningkatkan atau membangun nilai penjualan pasar. Pada misi hold dilakukan dengan tujuan untuk melindungi atau mempertahankan nilai penjualan pasar dan tingkat kompetitifnya. Misi panen ialah misi yang dilakukan dengan cara memaksimalkan aliran kas. Misi divestasi yang artinya perusahaan akan mundur baik melalui likuiditas maupun penjualan yang bersifat segera.
  • Strategi Fungsional ialah strategi yang didalamnya dilakukan dengan jalan pemasaran, sumber daya manusia, teknologi, dan keuangan yang dapat mendukung strategi sebelumnya yaitu strategi unit bisnis.

2. Hubungan diantara 3 tingkatan manajemen strategi tersebut adalah strategi korporasi dan strategi unit bisnis dijadikan acuan untuk melaksanakan strategi fungsional, karena strategi fungsional itu mencakup seluruh aspek yang ada pada strategi korporasi dan strategi unit bisnis.

Pembahasan:

Manajemen adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang tata cara atau proses seseorang untuk dapat bekerja sama dengan cara perencanaan, pengelolaan, serta kepemimpinan yang dilakukan oleh anggota suatu perusahaan supaya segala tujuan ataupun target yang ingin perusahaan capai bisa berhasil. Strategi adalah cara atau proses seseorang dalam mencapai goal yang diinginkan.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut mengenai materi manajemen strategi pada yomemimo.com/tugas/12241328

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 18 Sep 22