1 Terdapat dua pandangan terkait dengan sifat kohorensi dari penalaran

Berikut ini adalah pertanyaan dari fidaanik10 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Terdapat dua pandangan terkait dengan sifat kohorensi dari penalaran dan interpretasi hukum ini.Pandangan tersebut juga berasal dari perbedaan pandangan terhadap hukum itu sendiri. Bagaimanakah
pandangan mengenai koherensi global dan koherensi partikular? Jelaskan dan Berikan Contohnya!
2 Fungsi dari logika sebenarnya adalah untuk meyakinkan bahwa sebuah pendapat atau pernyataan
adalah benar. Jelaskan tentang fungsi utama logika dalam penalaran hukum. Beri contohnya dari
deontic logic!
3 Sebutkan pengertian hermeneutika hukum dan jelaskan langkah langkah hakim dalam melakukan suatu
penafsiran atau hermeneutika hukum terhadap suatu ketentuan hukum.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut jawaban soal-soal di atas:

  1. Pandangan koherensi global haruslah dimulai dari pandangan koherensi partikular. Contohnya bahwa kemampuan manusia dalam menyimak sesuatu dimulai dari kemampuan-kemampuan kecilnya dalam memandang, mendengar, merasakan, bernalar dan lain-lain yang kemudian dilengkapi dengan kemampuan kognitifnya.
  2. Fungsi utama logika dalam hukum adalah untuk membantu seseorang dalam mencari dasar hukum atas suatu peristiwa hukum sehingga bisa dipertimbangkan dan didapatkan keputusan yang tepat atas kasus tersebut. Contoh logika hukum yang sejalan dengan logika deontic adalah seseorang yang terbukti membunuh akan mendapatkan hukuman pidana atas pembunuhan yang ia lakukan.
  3. Hermeneutika hukum dimaknai sebagai ajaran filsafat yang berkaitan dengan usaha memahami atau mengerti metode, penafsiran, peristiwa hukum dan lain sebagainya yang dilaksanakan holistic atau menyeluruh.

Pembahasan

Indonesia adalah negara hukum sehingga segala sesuatunya tentu harus berjalan sesuai dengan ketentuan hukum. Salah satu hak warga negara Indonesia sendiri adalah kedudukan yang sama di hadapan hukum.

Pelajari Lebih Lanjut

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh varlord dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 15 Jan 23