1 a. Bagaimana pendapat saudara terkait permasalahan-permasalahan yang terjadi di

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 a. Bagaimana pendapat saudara terkait permasalahan-permasalahan yang terjadi di Indonesia dalamupaya pemberantasan tindak pidana korupsi sehingga bisa terjadi kasus seperti yang dilakukan oleh
Sdr, Djoko Tjandra tersebut?
b. Menurut saudara terkait kasus tersebut, apa yang harus dilakukan oleh KPK dalam menanggulagi
kasus DPO Djoko Tjandra?
c. Uraikan ketentuan dalam Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi yang dapat dikenakan terhadap
pejabat penegak hukum yang memberikan bantuan dalam kasus tersebut!
2 Bagaimanakah peranan Konvensi Anti Korupsi 2003 (United Nation Convention Against CorruptionUNCAC) yang telah diratifikasi dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2006 terhadap kasus DPO Djoko
Tjandra?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1.a. Pendapat saya Mengenai Penanganan Korupsi yang terjadi di Indonesia kurang serius karena hukuman yang diberikan tidak memberi efek jera pada pelaku korupsi sehingga banyak terjadi kasus korupsi seperti kasus pada Djoko Tjandra.

b. Yang harus dilakukan oleh KPKdalammengatasi kasus DPO Djoko Tjandra lembaga KPK harus bekerja dengan bersih dan jujur dan memberi sanksi yang sesuai.

c. Ketentuan dalam Undang-UndangTindak Pidana Korupsi yang dapat dikenakanterhadap pejabat penegak hukum yang memberi bantuan terhadap terdakwa korupsiadalah Memperoleh Sanksi sama dengan dengan terdakwa korupsi.

2. Peranan Konvensi Anti Korupsi 2003 UNCACyang telah diratifikasi dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2006 terhadap kasus DPO Djoko

Tjandra adalah dengan memberi hukuman dan denda yang sesuai.

PEMBAHASAN

Korupsi adalah Tindakan mengambil uang negara yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Kasus korupsi di Indonesia ditangani oleh KPK yaitu Komisi pemberantasan korupsi yang merupakan lembaga Independen dan memiliki tugas untuk menangani para koruptor.

Korupsi di Indonesia sangat marak karena sanksi yang diberikan kepada koruptor sangat ringan bahkan mereka masih bisa hidup dengan mewah dan bekerja pada lembaga di pemerintahan. Diharapkan KPK dan seluruh Lembaga yang terkait bisa bekerja sama agar korupsi bisa diatasi karena karena korupsi sangat merugikan negara.

Pelajari lebih lanjut

Korupsi yomemimo.com/tugas/51076683

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ayliyacute dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 04 Aug 22