PETUNJUK: 1) 2) Kerjakan tugas di bawah ini secara berkelompok

Berikut ini adalah pertanyaan dari nurahlam553 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

PETUNJUK: 1) 2) Kerjakan tugas di bawah ini secara berkelompok Tuliskan Ya / Tidak untuk setiap pernyataan di bawah ini berdasarkan apakah pernyataan tersebut termasuk ke dalam penghitungan PDB / GDP atau tidak. Jika dihitung, maka berikan keterangan apakah termasuk ke dalam. Konsumsi (C) Investasi (I) Pengeluaran pemerintah (G) Ekspor neto (X-M) Upah (w) Sewa (r) No 1) 2) LEMBAR AKTIVITAS 2: MEMBEDAKAN METODE PENDEKATAN PENGHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL 3) 4) • ● Bunga modal (i) Laba (p) Jika ternyata tidak dihitung ke dalam PDB/GDP jelaskan alasannya di kolom keterangan. Pernyataan Maryam menjual pakaian yang ia beli di Indonesia kepada teman- temannya yang ada di luar negeri. Bapak Ibrohim membayar pajak sebesar Rp25.000.000,00 setiap tahun atas bangunan yang dimilikinya. Pemerintah memberikan beasiswa pendidikan untuk siswa yang berprestasi di tingkat SMA. Sebelum beraktivitas, Heni selalu minum air putih. Ya Tidak Keterangan​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut jawaban untuk soal di atas:

  1. Pernyataan: Maryam menjual pakaian yang ia beli di Indonesia pada teman-temannya yang berada di luar negeri. YA, termasuk PDB/GDP. Keterangan: Expor Neto (X-M).
  2. Pernyataan: Bapak Ibrohim membayar pajak Rp 25.000.000 tiap tahun atas bangunan yang ia miliki. YA, termasuk PDB/GDP. Keterangan: Pajak langsung berkaitan dengan DI.
  3. Pernyataan: Pemerintah memberi beasiswa pendidikan untuk siswa yang berprestasi pada tingkat SMA. YA, termasuk PDB/GDP. Keterangan: Konsumsi (C).
  4. Pernyataan: Sebelum beraktivitas, Heni selalu minum air putih. TIDAK, tidak termasuk GDP. Keterangan: aktivitas konsumsi namun tentu tak mempengaruhi PDB/GDP.

Pembahasan

Pada soal di atas, siwa diminta mencermati sejumlah pernyataan lalu menuliskan apakah pernyataan tersebut memiliki kaitan dengan PDB yang dikenal juga dengan singkatan GDP. PDB sendiri adalah singkatan Produk Domestik Bruto sedangkan GDP adalah singkatan dari Gross Domestic Product.

Pelajari Lebih Lanjut

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh varlord dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 04 Jan 23