Apabila anda merupakan seorang investor akan membeli saham sebuah perusahaan

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Apabila anda merupakan seorang investor akan membeli saham sebuah perusahaan maka anda harusdapat menghitung risiko sistematis dan risiko tidak sistematis dari saham perusahaan tersebut. Apabila
anda bermaksud untuk membeli saham Bank BNI kemudian anda dihadapkan pada sejumlah data
informasi bahwa diketahui saham Bank BNI mempunyai beta 0.82 dan risiko pasar (simpangan baku)
27% dan risiko saham 34%. Maka berapakah risiko unsistematis dari saham bank BNI tersebut? Apa
keputusan yang akan anda ambil?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Saham Bank BNI mempunyai beta 0.82 dan risiko pasar (simpangan baku) 27% dan risiko saham 34%. Dilihat dari nilai beta dapat dibaca bahwa:

  • Beta lebih kecil dari satu (β < 1), disebut sebagai defensive stock, karena perubahan tingkat pengembalian saham (return of stock) lebih kecil daripada yang terjadi di pasar.
  • Beta lebih besar dari satu (β > 1), disebut sebagai agresif stock, karena perubahan tingkat pengembalian saham (return of stock) lebih besar daripada yang terjadi di pasar.
  • Beta sama dengan satu (β = 1), disebut sebagai neutral stock, karena perubahan tingkat pengembalian saham (return of stock) sama dengan yang terjadi di pasar.

Maka dengan Beta 0.82  kita dapat menyimpulkan bahwa saham tidak terlalu peka terhadap perubahan pergerakan pasar.

Pembahasan:

Setiap investasi memiliki risiko dengan tingkat risiko berbeda-beda. Pasar modal juga memiliki risiko dalam berinvestasi. Sebutkan risiko-risiko investasi pada pasar modal dalam bentuk saham adalah :

  • Tidak mendapatkan deviden
  • Capital Loss
  • Resiko Likuidasi
  • Modal investasi bisa lenyap jika perusahaan bangkrut
  • Resiko saham di suspensi
  • Resiko saham de-listing di bursa efek.

Risiko sering muncul pada permasalahan yang berkaitan pada investasi. Kelompok risiko tersebut adalah kelompok risiko non sitematisdankelompok risiko sitematis.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang risiko-risiko investasi pada pasar modal dalam bentuk saham! yomemimo.com/tugas/21355110

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mohhan86 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 17 Jan 23