Setelah Anda membaca tentang teori organisasi modern. Coba Anda analisis

Berikut ini adalah pertanyaan dari srirahayuayu171 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Setelah Anda membaca tentang teori organisasi modern. Coba Anda analisis inti pemikiran pendekatan modern?30
2
Coba Anda analisis ketergantuangan struktur organsisasi terhadap lingkungan yang perlu penyesuaian?


30
3
Pengukuran efektivitas organisasi dilakukan dengan melakukan beberapa bagian yang bebeda dalam organisasi yakni sumber, proses, dan sasaran. Coba Anda Analisis pendekatan sasaran dalam mengukur efektivitas organisasi!
Yang mau jawaban Amanah 085974803710

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  1. Teori organisasi modernmemiliki inti pemahaman bahwa organisasi adalahinstitusi yang rasional untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Maka dari itu perlu adanya rancangan tujuan, pertimbangan kondisi lingkungan, sifat produksi atau pelayanan serta teknologi yang digunakan.
  2. Ketergantungan struktur organisasi bisa dilihat dengan adanya divisi baru pada organisasi umumnya saat ini, yaitu social media manager (SMM).
  3. Analisis pendekatan sasaran dalam mengukur efektivitas organisasi adalah melihat sejauhmana organisasi bisa merealisasikan tujuan yang ingin dicapai. Maka dari itu tujuan harus dirumuskan secara spesifik, terukur, realistis, rasional dan memiliki batas waktu.

Pembahasan

Teori organisasi modern disebut juga sebagai teori struktural modern. Dalam aliran ini, sebuah organisasi yang di dalamnya terdapat serangkaian sistem dan struktur harus bisa adaptif untuk bisa bertahan dan mencapai tujuannya. Dalam aliran ini yang diutamakan adalah menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.

Organisasi memiliki ketergantungan pada lingkungan.Salah satu bentuk ketergantungannya adalahpenggunaan sumber daya yang ada di lingkungan. Maka dari itu jika terjadi perubahan, organisasi harus bisa adaptif. Ada dua cara adaptasi yang bisa dilakukan yaitu perubahan internal mulai dari struktur, pola kerja hingga perencanaan. Cara kedua adalah menguasai atau mengontrol kondisi lingkungan supaya menguntungkan.

Sebagai contoh, perkembangan sosial media mengubah perilaku konsumsi media dari televisi ke instagram. Maka perusahaan harus mulai memiliki orang khusus untuk bisa menyuplai konten instagram, hingga melakukan analisis interaksi.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian organisasi dan ciri-cirinya yomemimo.com/tugas/2759206
  2. Materi tentang unsur-unsur organisasi yomemimo.com/tugas/8969353
  3. Materi tentang macam-macam fungsi dan struktur organisasi yomemimo.com/tugas/10675468

Detail jawaban

Kelas: 5

Mapel: PPKn

Bab: Kebebasan Berorganisasi

Kode: 5.9.3

#AyoBelajar

#SPJ2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 06 Aug 22