Dalam suatu perjanjian jual beli mobil antara Joko dan Joni,

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Dalam suatu perjanjian jual beli mobil antara Joko dan Joni, telah disepakati bahwa kriteria mobil yang dijual adalah 1 unit truk tangki CPO (Crude Palm Oil) dengan kapasitas pengangkutan 16.000 liter. Joko menyanggupi harga untuk pemesanan dan pembelian 5 unit truk tangki tersebut yaitu per unitnya Rp. 950.000.000,-. Dalam kontrak pihak penjual sepakat akan menyerahkan 5 unit truk tersebut ke perusahaan Joko sebagai pembeli pada hari yang telah ditentukan dan disepakati kedua belah pihak dan setelah kelima unit mobil tersebut sampai Joko akan segera melakukan pembayaran kepada Joni dengan 3 tahap pembayaran. Namun sebelum hari yang telah disepakati tersebut, Joni didatangi oleh Wilma dan langsung membeli secara cash (membayar) ke 5 unit mobil tersebut.Pertanyaan

Berdasarkan kasus tersebut, apakah Joni dapat dianggap wanprestasi? Jelaskan!
Upaya apa yang dapat dilakukan oleh Joko sebagai pemesan mobil truk tangki?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kasus di atas dapat dianggap wanprestasi karena Joni melanggar kontrak kesepakatan yang sudah ditandatangani bersama. Namun, dalam prakteknya ada yang salah dari pihak Joko yang seharusnya menaruh uang muka (Down Payment) sebagai tanda jadi saat kontrak kesepakatan ditandatangani. Dengan adanya uang muka maka kasus wanprestasi Joko lebih kuat apabila kasus tersebut masuk ke ranah pengadilan. Tapi dengan tidak adanya uang muka yang mengikat sepertinya kasus ini sulit untuk dilanjutkan walaupun kondisinya dapat dianggap wanprestasi.

Upaya yang dapat dilakukan oleh Joko sebagai pemesan mobil truk tanki adalah:

  1. Karena tidak ada kerugian materi secara langsung antara kedua belah pihak maka sebaiknya Joko membatalkan kesepakatan atas dasar ketidakpercayaan pribadi (Joni tidak gentleman).
  2. Apabila Joko masih dapat mempercayai Joni, maka kedua belah pihak dapat menganggap kejadian ini sebagai penundaan kedatangan barang dan rela dengan Joni mengirimkan truk tersebut pada waktu yang lain. Namun, sebaiknya Joko kali ini membayar uang muka sebagai bukti pengikatan.
  3. Menurut saya membawa kasus ini ke ranah hukum hanya akan menguras energi, waktu dan biaya saja karena kasus wanprestasi ini tidak memiliki dasar yang kuat dan tidak ada kerugian materi secara langsung pada kedua belah pihak.  

Pembahasan

Wanprestasi adalah suatu kejadian dimana seseorang, sebuah organisasi, atau sebuah perusahaan melanggar janjinya yang telah dituangkan dalam sebuah kontrak tertulis dan telah disepakati dan ditandatangani oleh semua pihak yang tercantum dalam kontrak. Pelanggaran wanprestasi dapat dimasukkan sebagai pelanggaran hukum dan dapat ditindak ke pengadilan apabila ada unsur penipuan yang dilakukan dengan sengaja (pemalsuan dokumen, sengaja mengarang kata-kata yang bersifat membohongi, dan lain-lain).

Unsur - unsur yang menjadikan sebuah kasus wanprestasi:

  • Terdapat perjanjian tertulis yang telah disepakati dengan tanda tangan.
  • Terdapat pihak yang melanggar perjanjian tertulis.
  • Adanya pelanggaran isi perjanjian secara sengaja dan tidak diakui kesalahannya oleh satu pihak.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang Wanprestasi yomemimo.com/tugas/51375305

Pelajari lebih lanjut tentang Wanprestasi yomemimo.com/tugas/18922597

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh h3rm4n6un4w4n dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 02 Sep 22