Kebutuhan hidup di masyarakat mengharuskan masyarakat untuk bisa melakukan pekerjaan

Berikut ini adalah pertanyaan dari succinur23 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Kebutuhan hidup di masyarakat mengharuskan masyarakat untuk bisa melakukan pekerjaan khusus/spesialisasi.Berikan contoh terkait pekerjaan tersebut dan bagaimana pengembangannya !

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

A. Salma

A. Salma

Robo Expert

Mahasiswa/Alumni STIE Indonesia Banking School

25 April 2022 15:55

Jawaban terverifikasi

Halo Zamir, kakak bantu jawab ya :)

Jawabannya adalah fungsional.

Yuk, simak penjelasan berikut!

Integrasi sosial adalah proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan. Unsur-unsur yang berbeda tersebut dapat meliputi perbedaan kedudukan sosial, ras, etnik, agama, bahasa, kebiasaan, sistem nilai, dan norma.

Salah satu sifat integrasi sosial menurut Paulus Wirutomo adalah integrasi fungsional. Integrasi fungsional terbentuk karena ada fungsi-fungsi tertentu dan ketergantungan dalam masyarakat. Sebuah integrasi dapat terbentuk dengan mengedepankan fungsi dari masing-masing pihak yang ada dalam sebuah masyarakat.

Spesialisasi pekerjaan yang lebih beragam seperti dosen, guru, dokter, petani, dan pedagang mencerminkan integrasi fungsional. Karena, perkembangan jenis pekerjaan yang berbeda mampu mendorong masyarakat untuk saling bekerja sama memenuhi kebutuhan.

Terima kasih sudah bertanya dan menggunakan Roboguru, semoga membantu ya :)

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh nabilawsb28 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 25 Feb 23