Perbedaan fisik telur ayam negeri dan kampung

Berikut ini adalah pertanyaan dari amarhidayat1744 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Perbedaan fisik telur ayam negeri dan kampung

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut perbedaan fisik telur ayam negeri dan ayam kampung

  • Telur ayam kampung mempunyai warna cangkang yang lebih bersih dan putih, sedangkan untuk telur ayam negeri mempunyai warna telur yang kecoklatan.
  • Telur ayam kampung mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan ayam negeri yang mempunyai cangkang lebih besar dan kasar.
  • Telur ayam kampung mempunyai warna kuning telur lebih orange, sedangkan untuk ayam negeri mempunyai warna kuning telur yang cerah.

Pembahasan

Telur adalah bahan sehari-hari yang bisa digunakan sebagai lauk atau juga campuran untuk membuat masakan lainnya. Telur bisa digunakan dan diolah menjadi telur gulung, telur rebus, telur ceplok, dan telur orak-arik. Telur dibedakan dengan beberapa jenis diantaranya telur ayam kampung dan telur ayam negeri. Telur ayam kampung dipercaya mempunyai kandungan gizi dan nutrisi yang lebih baik dibandingkan ayam negeri. Hal tersebut karena cara pemeliharaan ayam kampung yang lebih baik yaitu hidup secara bebas dan juga diberikan makanan dari pakan alami. Telur ayam kampung biasanya diberikan makanan dari cacing, biji-bijian, ulat, dan lainnya yang biasanya juga ditemukan oleh ayam kampung sendiri ketika di luar. Sedangkan cara pemeliharaan ayam negeri seperti yang telah diketahui mempunyai kandang khusus dan menggunakan makanan dari bahan kimia.

Kandungan nutrisi di dalam telur ayam kampung  lebih tinggi dibanding telur ayam negeri. Telur ayam kampung juga mengandung vitamin E dan omega 3 cukup tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Tapi dibanding telur ayam negeri, kandungan lemak tak jenuh pada telur ayam kampung justru lebih rendah.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang putih telur yomemimo.com/tugas/45725918

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mawarniika162 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 09 Nov 22