28. Suatu negara memiliki data pendapatan nasional sebagai berikut. Rp

Berikut ini adalah pertanyaan dari bintaby1602 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

28. Suatu negara memiliki data pendapatan nasional sebagai berikut. Rp 9.050 miliar miliar miliar miliar NNI Pajak perseroan Rp 175 Laba ditahan Rp 250 luran asuransi Rp 10 Personal income Rp 8.715 miliar Berdasarkan data du atas, besar transfer payment adalah....a. Rp90 miliar b. c. Rp100 miliar Rp200 miliar d. Rp335 miliar e. Rp770 miliar​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pendapatan nasional Indonesia digambarkan dalam Produk Domestik Bruto atau PDB. Dalam menghitung PDB kita harus memerhatikan banyak sektor. Pendapatan nasional dari suatu negara di soal yaitu:

Dengan langkah-langkah:

NNI: 175 Miliar

Laba ditahan: 250 Miliar

Asuransi: 10 Miliar

Personal Payment: 8715 Miliar

Pendapatan: 9050 Miliar

Biaya Transfer: 100 Miliar

Pembahasan:

Salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu negara dalam suatu periode tertentu adalah data Produk Domestik Bruto( PDB), baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga konstan. PDB pada dasarnya merupakan jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu negara tertentu, atau merupakan jumlah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi. PDB atas dasar harga berlaku menggambarkan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung menggunakan harga yang berlaku pada setiap tahun, sedangkan PDB atas dasar harga konstan menunjukkan nilai tambah barang dan jasa tersebut yang dihitung menggunakan harga yang berlaku pada satu tahun tertentu sebagai dasar.

PDB atas dasar harga berlaku dapat digunakan untuk melihat pergeseran dan struktur ekonomi, sedang harga konstan digunakan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun.

Dari data PDB dapat juga diturunkan beberapa indikator ekonomi penting lainnya, seperti

1. Produk Nasional Bruto

yaitu PDB ditambah dengan pendapatan neto dari luar negeri. Pendapatan neto itu sendiri merupakan pendapatan atas faktor produksi( tenaga kerja dan modal) milik penduduk Indonesia yang diterima dari luar negeri dikurangi dengan pendapatan yang sama milik penduduk asing yang diperoleh di Indonesia.

2. Produk Nasional Neto atas dasar harga pasar

yaitu PDB dikurangi dengan seluruh penyusutan atas barang- barang modal tetap yang digunakan dalam proses produksi selama setahun.  

3. Produk Nasional Neto atas dasar biaya faktor produksi yaitu

produk nasional neto atas dasar harga pasar dikurangi dengan pajak tidak langsung neto. Pajak tidak langsung neto merupakan pajak tidak langsung yang dipungut pemerintah dikurangi dengan subsidi yang diberikan oleh pemerintah. Baik pajak tidak langsung maupun subsidi, kedua- duanya dikenakan terhadap barang dan jasa yang diproduksi atau dijual. Pajak tidak langsung bersifat menaikkan harga jual sedangkan subsidi sebaliknya. Selanjutnya, produk nasional neto atas dasar biaya faktor produksi disebut sebagai Pendapatan Nasional.

4. Angka- angka per kapita

yaitu ukuran- ukuran indikator ekonomi sebagaimana diuraikan di atas dibagi dengan jumlah penduduk pertengahan tahun.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang jurnal akuntansi yomemimo.com/tugas/5203580

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh debyharfiani dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 04 Dec 22