1. Terdapat beberapa pendekatan dalam kepemimpinan, coba sebutkan dan jelaskan

Berikut ini adalah pertanyaan dari mayasarimunthe6451 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Terdapat beberapa pendekatan dalam kepemimpinan, coba sebutkan dan jelaskan !

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut beberapa pendekatan dalam kepemimpinan:

  1. Pendekatan ciri atau Trait Approach. Pendekatan ini adalah sebuah pendekatan yang mana menekankan berbagai atribut pribadi yang berasal dari pemimpin tersebut, seorang pemimpin biasanya memiliki keistimewaan yang belum tentu orang lain miliki. Maka pada pendekatan ini memfokuskan terhadap sifat-sfiat dari pemimpin yang sukses dalam kepemimpinannya.
  2. Pendekatan perilaku atau Behavior Approach. Pendekatan ini biasa memiliki peranan penting terhadap apa yang dilakukan pemimpin, pemimpin bisa dianggap gagal maupun berhasil jika memiliki suatu gaya bersikap dan bertindak dalam kepemimpinannya. Pemimpin yang memiliki perilaku baik biasanya dapat menjalankan berbagai tugas dan bisa menjadi contoh yang relatif baik serta mampu berkomunikasi baik dengan bawahnnya. Maka dari hal ini pendekatan perilaku penting untuk dilakukan langsung oleh pemimpin.
  3. Pendekatan kekuasaan-pengaruh atau Power-Influence Approach. Pendekatan ini bisa dibilang dilakukan pemimpin guna mempengaruhi para bawahannya serta rekan kerja yang sama-sama di luar organisasi sehingga bisa menjalin hubungan kerja dan memperluas kekuasaan dengan baik. Maka dari hal ini pendekatan kekuasaan pengaruh perlu dilakukan oleh sebuah pemimpin.
  4. Pendekatan situasional. Sebuah pendekatan yang mana dilakukan pemimpin dengan memperhatikan berbagai situasi yang ada ketika pekerjaan berjalan, pemimpin harus bisa memanfaatkan berbagai situasi dalam kepemimpinannya agar memiliki hubungan baik dengan para bawahannya. Maka dari hal ini pentingnya pendekatan situasional.

Pembahasan

Kepemimpinan adalah sebuah kemampuan yang mana dapat memengaruhi orang lain sehingga dapat membuat orang lain tersebut mau bekerja sama maupun melaksanakan pekerjaan yang diingingkan dari pemimpin yang berkemampuan tersebut.

Pelajari lebih lanjut

  1. Pengertian umum kepemimpinan yomemimo.com/tugas/6004931
  2. Kepemimpinan yang biasanya diinginkan yomemimo.com/tugas/15475944
  3. Beberapa cara untuk mewujudkan kepemimpinan yomemimo.com/tugas/9567874

Detail jawaban

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: Bab 2 - Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Kode: 10.12.2

#JadiRangkingSatu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh zhella2108 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 14 Mar 21