1 Kepala perpustakaan pada sebuah perguruan tinggi menetapkan akan mengembangkan

Berikut ini adalah pertanyaan dari liliairma525 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Kepala perpustakaan pada sebuah perguruan tinggi menetapkan akan mengembangkan otomasipada sistem pengelolaan perpustakaan yang sedang berjalan dengan menerapkan penggunaan
Barcode/QR Code scanner pada proses pengembalian buku yang dipinjam.
Silahkan Anda gambarkan disertai penjelasan Data Flow Diagram (DFD) yaitu Contects Diagram
dan DFD level 1, DFD level 2 yang menggambarkan penerapan Barcode/QR Code scanner pada
proses pengembalian buku yang dipinjam!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

DFD merupakan diagram yang menggambarkan aliran sistem. Pada proses pengembalian buku di perpustakaan pasti memiliki Diagram DFD. Pada DFD Level 1 pengembalian buku berawal dari Peminjaman buku, pencatatan, pemakaian, hingga pengembalian buku. Sedangkan DFD Level 2 memuat lebih rinci per kegiatan di DFD Level 1 misal kegiatan peminjaman buku, apa saja yang harus dikerjakan. Contohnya pada proses kegiatan peminjaman buku berawal dari pemilihan buku, membaca buku, dan memberitahukan kepada petugas perpustakaan.

Pembahasan:

Sebuah diagram aliran data (DFD) mewakili aliran sistem.  DFD biasanya banyak digunakan oleh orang-orang yang bekerja di bidang sistem informasi. Sosok ini menjadi populer dalam buku Desain Terstruktur Ed Yourdon dan Larry Constantine pada akhir 1970-an.

Sampai saat ini, DFD telah banyak digunakan dalam pengembangan berbagai sistem, termasuk pengembangan perangkat lunak. Banyak analis lebih memilih DFD daripada jenis grafik lainnya. Analis dapat menggunakan DFD untuk membuat gambar sistem dan memberikannya kepada pemrogram.

Programmer kemudian melakukan pengkodean sesuai dengan instruksi analis yang terdapat dalam DFD. Banyak proses dalam sistem yang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Oleh karena itu, untuk kenyamanan, Anda dapat menggunakan DFD yang terstruktur secara visual.

DFD menggunakan berbagai simbol seperti persegi panjang, lingkaran, dan panah. Setiap ikon memiliki arti yang berbeda dan  diberi label untuk menggambarkan semua langkah ini. Pada dasarnya, DFD memiliki tiga fungsi utama:

  • Deskripsi sistem

Fitur pertama dari DFD adalah deskripsi sistem. Anda dapat menggunakan DFD  untuk menggambarkan sistem Anda sebagai  jaringan  fungsional. Jaringan memiliki berbagai komponen yang saling berhubungan melalui aliran data. Dengan cara ini, Anda dapat memahami semua aliran dalam sistem.

  • Pemodelan

Selain deskripsi sistem, Anda juga dapat menggunakan DFD untuk membuat model baru. Anda dapat menyorot fitur sistem tertentu untuk melihat detail DFD lebih lanjut. Dengan cara ini, Anda dapat melihat beberapa bagian penting untuk dirujuk saat mendesain model Anda.

  • Pengajuan desain sistem

Fungsi ketiga DFD  adalah untuk berbagi desain sistem dengan pemangku kepentingan lainnya. DFD memudahkan untuk menjelaskan aliran data  melalui pendekatan visual. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan DFD untuk menggambarkan desain sistem Anda dan menyajikannya kepada pemrogram, pembuat sistem, pelanggan, dan siapa saja yang perlu mengetahuinya.

Pelajari lebih lanjut :

Materi tentang DFD pada yomemimo.com/tugas/9474853

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 18 Sep 22