Perusahaan Citra, merupakan perusahaan perseorangan dengan nama pemilik Pak Rustanto.

Berikut ini adalah pertanyaan dari AruL180898 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Perusahaan Citra, merupakan perusahaan perseorangan dengan nama pemilik Pak Rustanto. Pada dasarnya perusahaan persekutuan dapat dibentuk dalam rangka melanjutkan kegiatan perusahaan perseorangan. Pak Rustanto berencana menerima Pak Rudi sebagai calon sekutu di perusahaan persekutuan yang baru. Bagaimana cara menentukan angka-angka dalam neraca apabila ada anggota sekutu yang baru. Sebutkan sumber referensi argumentasi Saudara.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berdasarkan pernyataan tersebut dimana terjadi suatu persekutuan dibentuk untuk melanjutkan kegiatan perusahaan perseorangan. Oleh karena itu sebelum dibentuk persekutuan perlu diadakan penyesuaian terhadap neraca perusahaan perseorangan. Cara menentukan angka-angka dalam neraca apabila ada anggota sekutu yang baru sebelum pemilik perusahaan perseorangan menerima orang lain sebagai anggota sekutunya, maka kedua belah pihak harus melakukan kesepakatan dalam penilaian terhadap seluruh aktiva yang ada. Argumen ini bersumber dari web-suplemen.ut.ac.id.

Pembahasan:

Pengertian akuntansimenurutAmerican Accounting Association (AAA) : "accounting is the process of identifying, measuring, and communicating economic information to permit information judgment and decision by users of the information." Yang artinya ialah akuntansi adalah proses identifikasi, mengukur, melaporkan atau menyampaikan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penialaian yang jelas dan tegas.

Pengertian akuntansi menurut Niswonger, Fess, and Warren "Akuntansi adalah proses mengenali, mengukur, dan mengkomunikasikan informasi ekonomi untuk memperoleh pertimbangan dan keputusan yang tepat oleh pemakai informasi yang bersangkutan." ditinjau dari pemakaian maka akuntansi adalah penyediaan informasi yang diperlukan untuk kegiatan secara efisien dan evaluasi kegiatan suatu entitas.

Menurut proses kegiatannya: proses pencatatan penggolongan, peringkasan pelaporan, dan penganalisaan data keuangan suatu entitas. Pencatatan atas transaksi keuangan perusahaan adalah kegiatan pencatatan. Menyusun laporan keuangan yang terdiri atas laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, dan neraca adalah kegiatan pelaporan.

Mengelompokkan transaksi = classifying

Meringkas transaksi keuangan perusahaan = Summarizing

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang Akuntansi yomemimo.com/tugas/13640169

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 28 Jan 23