Ada beberapa risiko eksternalitas yang dihadapi oleh perusahaan, yaitu risiko

Berikut ini adalah pertanyaan dari jharaffi pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Ada beberapa risiko eksternalitas yang dihadapi oleh perusahaan, yaitu risiko reputasi, risiko lingkungan, risiko sosial, dan risiko hukum. Berikan contoh dari masing-masing risiko tersebut dan bagaimana sebaiknya antisipasi yang harus dilakukan agar perusahaan dapat mengurangi bahkan menghilangkan risiko-risiko tersebut.​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Contoh  beberapa risiko eksternalitas yang dihadapi oleh perusahaan:

  • Risiko lingkungan: lingkungan yang tidak nyaman bagi karyawan karena adanya senioritas. Untuk menghindarinya kita harus menciptakan suasana hangat tanpa ada senioritas dalam perusahaan.
  • Risiko hukum: Kita telah melakukan pelanggaran hak cipta, melanggar (melanggar) perjanjian yang ditetapkan dalam kontrak, dan gagal mematuhi hukum atau peraturan yang berlaku. Untuk menghindari risiko ini, kita harus membuat kontrak dan memahami isinya secara akurat dan jelas sebelum menandatanganinya.
  • Risiko reputasi: Karena kurangnya koordinasi, tim pemasaran telah mengumumkan tanggal rilis meskipun kontrol kualitas belum diterapkan. Perusahaan harus menunda peluncuran atau menghentikannya tepat waktu, tetapi risiko cacat produk meningkat. Untuk menghindarinya harus ada untuk manajemen reputasi.
  • Risiko sosial: Dapat menimbulkan risiko negatif atau positif pada tingkat kesejahteraan, pendidikan dan latar belakang budaya. Penting bagi pelaku ekonomi untuk mengadopsi pendekatan yang berfokus pada pemahaman publik tentang solusi sebagai cara untuk mengantisipasi risiko sosial.

Pembahasan

Risiko adalah keadaan ketidakpastian, dan tingkat ketidakpastian diukur secara kuantitatif. Risiko juga dapat diartikan sebagai suatu keadaan ketidakpastian dimana terjadinya keadaan yang tidak diinginkan dapat menimbulkan kerugian. Risiko yang terkait dengan ketidakpastian ini muncul dari informasi yang tidak memadai atau tidak memadai tentang apa yang akan terjadi. Ketidakpastian (uncertainty) dapat menguntungkan dan merugikan.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang manajemen risiko yomemimo.com/tugas/5798758

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ikarikayah dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 18 Jan 23