Bentrokan terjadi antara pendukung Aung San Suu Kyi dan polisi

Berikut ini adalah pertanyaan dari boam111 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bentrokan terjadi antara pendukung Aung San Suu Kyi dan polisi pada Jumat (12/2/2021), dilaporkan ada 3 serangan langsung yang dilakukan oleh pihak aparat dengan munculnya "bukti foto" kejadian. Kantor hak asasi manusia (HAM) PBB mengatakan lebih dari 350 orang, termasuk pejabat, aktivis, dan biksu, ditangkap di Myanmar sejak kudeta Myanmar 1 Februari. Penyelidik HAM PBB untuk Myanmar mengatakan dalam sesi khusus Dewan Hak Asasi Manusia di Jenewa, bahwa terdapat "laporan yang berkembang, bukti foto" mengenai pasukan keamanan telah menggunakan amunisi yang mengarah langsung ke demonstran, seperti yang dilansir dari Reuters pada Jumat (12/2/2021).Coba saudara kaitkan apakah PBB sebagai organisasi internasional yang bersifat universal mempunyai tanggung jawab atas kasus diatas? Berikan alasannya!

Coba saudara analisa apakah Dewan HAM PBB memiliki kewenangan untuk menghukum salah sasaran yang dilakukan oleh aparat pasukan keamanan?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

PBB menjadi organisasi internasional yang bersifat universal memiliki tanggung jawab atas perkara diatas. Sebab tugas PBB yaitu buat membina kerja sama pada seluruh dunia dalam memecahkan problem ekonomi, sosial, budaya dan humanisme.

Pembahasan:

Liga Bangsa-Bangsa, atau biasa disingkat PBB, ialah organisasi internasional yang didirikan pada tahun 1945. Organisasi ini memiliki misi dan pekerjaan yang dipandu sang tujuan serta prinsip yg terdapat pada Piagam pendiriannya. Organisasi PBB waktu ini telah memiliki 193 Negara Anggota.

PBB sebagai organisasi penting yang berperan dalam banyak perseteruan-konflik yang terjadi pada dunia, mirip perdamaian serta keamanan, perubahan iklim, pembangunan berkelanjutan, hak asasi insan, terorisme, humanisme serta keadaan darurat kesehatan, kesetaraan gender, rapikan kelola, produksi pangan, dan masih banyak lagi.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang:

keanggotaan PBB pada yomemimo.com/tugas/2830311

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 04 Sep 22