Dalam teorinya telah dijelaskan bahwa berbuat etis ini sangat mudah

Berikut ini adalah pertanyaan dari lala3263 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Dalam teorinya telah dijelaskan bahwa berbuat etis ini sangat mudah untuk diucapkan, tapi sebaliknya sangat sulit untuk dikerjakan. Berangkat dari kenyataan tersebut, menurut anda apa sajakah yang menjadi penghalang bagi seseorang atau sebuah perusahaan untuk berbuat etis dalam kegiatannya? Selanjutnya bila anda adalah pimpinan sebuah perusahaan, menurut anda langkah-langkah apakah yang harus dilakukan agar sikap untuk selalu berbuat etis tersebut bisa menjadi budaya yang hidup di dalam perusahaan anda?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berdasarkan pertanyaan di atas yang menjadi hambatan penerapan etika bisnis atau bisnis yang beretika adalah sebagai berikut:

  1. Para pelaku binis standar moralnya masih lemah, masih banyaknya pelaku usaha yang mengabaikan etika bisnis dan hanya mementingkan keuntungan semata.
  2. Konflik kepentingan dalam organisasi bisnis. Adanya perbedaan kepentingan antara nilai pribadi manajerial dan tujuan yang hendak dcapai oleh organisasi binis.
  3. Kondisi politik dan ekonomi yang tidak stabil memunculkan adanya celah-celah perilaku tidak etis usaha.
  4. Penegakan hukum terkait penerapan etika bisnis masih lemah.

Langkah-langkah menghidupkan budaya etis dalam perusahaan:

  1. Melakukan recruitmen pegawai dengan memperhatikan kemampuan kognitif pegawai. Karyawan yang memiliki kemampuan kognitif yang baik akan mampu melakukan pemechaan masalah dan pengambilan keputusan dalam usaha yang sesuai dengan etika bisnis. Mengetahui hal yang baik dan buruk untuk dilakukan.
  2. Perusahaan harus memiliki visi dan misi yang jelas.
  3. Adanya komunikasi yang jelas antar tingkatan manajerial
  4. Pemberian reward dan konsekuensi bagi yang melakukan dan melanggar aturan-aturan dalam perusahaan.
  5. Mengadakan ulasan performa karyawan secara berkala.

Pmbahasan:

Etika binis adalah penerapan nilai-nilai moral yang berkaitan akan hal baik dan buruk dalam kegiatan bisnis. Prisnip baik dan buruk yang diterapkan tersebut berasal dari standar moralitas.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang etika bisnis yomemimo.com/tugas/26040494

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 25 Sep 22