Nanda memilih melanjutkan kuliah setelah lulus SMA. Perkiraan biaya yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari odyssia pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Nanda memilih melanjutkan kuliah setelah lulus SMA. Perkiraan biaya yang dikeluarkan selama satu semester sekitar Rp10.000.000,00. Seandainya Nanda memilih untuk bekerja, ia akan mendapat gaji bersih Rp2.000.000,00 per bulan maka jumlah yang Nanda peroleh selama enam bulan adalah Rp12.000.000,00. Berapa besar biaya peluang yang dikorbankan Nanda karena melanjutkan kuliah?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Nanda memilih kuliah setelah lulus SMA. Padahal dia ditawari bekerja dengan gaji Rp 2.000.000 per bulan. Maka biaya peluang yang dikorbankan oleh Nanda adalah Rp 2.000.000 per bulan atau setara Rp 12.000.000 selama 6 bulan.

Pembahasan

Biaya peluang merupakan biaya yang timbul karena kehilangan satu kesempatan atas pemenuhan kebutuhan yang lain. Biaya peluang ini bisa terjadi karena adanya keterbatasan sumber daya ekonomi.

Dalam memperhitungkan biaya peluang terdapat prinsip biaya yang paling baik yang dikorbankan adalah biaya peluang itu sendiri. Jika memiliki dua pilihan lain yang dikorbankan, maka opportunity cost dihitung dari nilai yang paling baik atau paling tinggi.

Secara singkat, biaya peluang adalah kondisi kehilangam pendapatan potensial karena memilih pilihan lain. Sehingga bukan merupakan jumlah dari biaya yang akan dikorbankan.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang biaya sehari-hari dan biaya peluang yomemimo.com/tugas/655491

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 21 Nov 22