Jelaskantiga faktor ekonomi yg memengaruhi pembanggunan di indonesia

Berikut ini adalah pertanyaan dari novriktn pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskantiga faktor ekonomi yg memengaruhi pembanggunan di indonesia

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Faktor yang Memengaruhi Pembangunan Ekonomi di Indonesia:

Sumber Daya Alam (SDA)

SDA atau kekayaan alam memiliki peran penting dalam perekonomian suatu negara karena pembangunan tidak akan bisa berjalan tanpa adanya SDA. Dalam hal ini, kita mengenal ada dua jenis SDA, yaitu hayati dan non hayati. SDA berperan sebagai bahan dasar dan pemasok bahan untuk setiap produksi yang perlu dilakukan.

Tanpa adanya SDA, suatu negara harus mencari bahan ke luar negeri untuk memenuhi kebutuhan dalam pembangunan ekonomi. Cara ini sebenarnya bisa saja dilakukan, tapi pasti membutuhkan dana tidak sedikit. Apabila SDA melimpah, maka pengeluaran negara bisa lebih hemat dan bisa dialokasikan ke lainnya.

SDM (Sumber Daya Manusia)

Keberadaan manusia juga menjadi bagian penting dalam pembangunan ekonomi di suatu negara sebagai pelengkap SDA yang ada. Manusia berperan sebagai pengelola sumber daya awal yang semula merupakan bahan mentah kemudian diolah menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi sehingga siap untuk dimanfaatkan.

Tidak hanya itu, tenaga manusia juga dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan untuk menunjang pembangunan. Adanya kualifikasi khusus yang harus dipenuhi membuat semua orang tidak bisa menjadi agen pembangunan. Diperlukan manusia dengan kompetensi dan keseriusan dalam melakukan kegiatan dan tugasnya, yaitu dalam rangka pembangunan.

Mengapa harus manusia berkompeten? Apabila digunakan tenaga manusia tidak memiliki kompetensi di bidang tersebut, justru bisa merusak SDA hingga merugikan negaranya. Oleh karena itu, diperlukan kompetensi khusus di bidang tersebut agar mereka bisa memanfaatkan SDA sesuai dengan kebutuhan pembangunan ekonomi.

IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)

Keberadaan SDM dan SDA di suatu negara dapat bermanfaat dengan maksimal apabila ada IPTEK. Sebagai manusia yang berkualitas, tentu mereka akan membekali diri dengan ilmu pengetahuan serta pemahamannya terhadap teknologi. Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah dua unsur berbeda, tapi menjadi satu kesatuan yang diperlukan dalam pembangunan ekonomi.

Untuk mencapai pembangunan yang sukses dan lancar, maka dibutuhkan banyak bagian di dalamnya. Setiap bagian pun membutuhkan ilmu pengetahuan dan keahlian yang berbeda-beda agar setiap proses dapat dilakukan dengan baik. Sedangkan, teknologi membantu manusia untuk mempermudah proses pengolahan SDA agar bisa dimanfaatkan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh naibahomichelle dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 07 Dec 22