Diketahui fungsi konsumsi C = 1750 + 0,5 Yd. GNP

Berikut ini adalah pertanyaan dari Rizkiadisaputra1 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Diketahui fungsi konsumsi C = 1750 + 0,5 Yd. GNP potensial lebih besar 20 dari GNP actual. Berapa besar pajak yang harus dikurangi agar mencapai Y full employment?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Untuk mengetahui besarnya pajak yang harus dikurangi agar mencapai full employment, pertama-tama kita perlu mengetahui besarnya tingkat pengangguran yang terjadi saat ini. Tingkat pengangguran dapat dihitung dengan menggunakan persamaan Okun:

Okun's Law:

U = (Y - Y*) / Y*

di mana:

U = tingkat pengangguran (dalam persen)

Y = GNP actual

Y* = GNP potensial

Jika kita menggunakan data yang disediakan, kita dapat menghitung bahwa GNP potensial lebih besar 20 dari GNP actual, atau Y* = 1.2 * Y. Sehingga, tingkat pengangguran U dapat dihitung sebagai berikut:

U = (Y - 1.2Y) / 1.2Y

= (1 - 1.2) / 1.2

= -0.2 / 1.2

= -0.1667 atau -16.67%

Untuk mencapai full employment, tingkat pengangguran harus sama dengan nol. Jadi, kita perlu mengurangi pengangguran sebesar 16,67%.

Untuk mengurangi tingkat pengangguran, kita dapat menggunakan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengurangi pajak. Namun, untuk mengetahui berapa besar pajak yang harus dikurangi, kita perlu menggunakan persamaan yang lebih kompleks.

Dengan asumsi bahwa tingkat suku bunga tidak berubah, kita dapat menggunakan persamaan IS-LM untuk mengetahui berapa besar pajak yang harus dikurangi. Persamaan IS-LM menjelaskan hubungan antara tingkat suku bunga, produksi, dan agregat demand.

Dengan menggunakan persamaan IS-LM, kita dapat menghitung berapa besar pajak yang harus dikurangi untuk mencapai full employment. Namun, untuk melakukan perhitungan tersebut, diperlukan informasi tambahan seperti tingkat suku bunga, tingkat inflasi, dan lain-lain. Jika Anda memiliki informasi tambahan tersebut, saya dapat membantu Anda menghitung berapa besar pajak yang harus dikurangi.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh hansyw dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 27 Mar 23