mengapa hidroponik bisa dikatakan sebagai hasil adopsi inovasi dibidang pertanian​

Berikut ini adalah pertanyaan dari hihihahaha96535 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Mengapa hidroponik bisa dikatakan sebagai hasil adopsi inovasi dibidang pertanian​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Hidroponik dapat dikatakan sebagai hasil adopsi inovasi dibidang pertanian karena metode tersebut melibatkan pendekatan baru dalam bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tumbuh. Beberapa alasan mengapa hidroponik dianggap sebagai inovasi adalah sebagai berikut:

1. Penggunaan Media Tanam yang Berbeda: Hidroponik menggunakan media tanam seperti air atau substrat non-tanah seperti pasir, kerikil, serat kelapa, atau bahan sintetis lainnya. Ini merupakan alternatif yang inovatif dibandingkan dengan pertanian konvensional yang menggunakan tanah sebagai media utama.

2. Pengendalian Nutrisi yang Presisi: Dalam hidroponik, nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman dapat diatur secara lebih presisi. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman dilarutkan dalam air atau disalurkan langsung ke akar tanaman, sehingga memungkinkan penyesuaian yang lebih tepat sesuai kebutuhan tanaman.

3. Penggunaan Air yang Efisien: Dalam hidroponik, air dapat digunakan secara lebih efisien dibandingkan dengan pertanian konvensional. Air yang digunakan dalam hidroponik dapat didaur ulang atau disalurkan langsung ke akar tanaman tanpa banyak terbuang ke dalam tanah.

4. Kontrol Terhadap Hama dan Penyakit: Dalam hidroponik, karena tanaman tidak tumbuh di tanah, risiko terhadap serangan hama dan penyakit yang berasal dari tanah dapat dikurangi. Ini memungkinkan petani hidroponik untuk lebih mudah mengendalikan dan meminimalkan penggunaan pestisida.

5. Penggunaan Lahan yang Efisien: Hidroponik memungkinkan pertanian dapat dilakukan di area yang terbatas atau tidak memungkinkan untuk pertanian konvensional, seperti daerah perkotaan yang padat penduduk. Dengan menggunakan sistem hidroponik, pertanian dapat dilakukan secara vertikal atau dalam ruangan dengan luas lahan yang lebih kecil.

Dengan adanya inovasi hidroponik, pertanian dapat dilakukan dengan lebih efisien, efektif, dan berkelanjutan. Metode ini memberikan peluang baru untuk menghasilkan tanaman yang lebih produktif, meminimalkan dampak lingkungan, dan memanfaatkan sumber daya dengan lebih baik. Oleh karena itu, hidroponik dapat dikatakan sebagai adopsi inovasi dalam bidang pertanian.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh nkherlifiansyah dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 19 Aug 23