jelaskan mengenai sistem pasar modal!(kalau bisa sertakan gambar)​

Berikut ini adalah pertanyaan dari azizahbunayya pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan mengenai sistem pasar modal!
(kalau bisa sertakan gambar)​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Sistem pasar modal adalah suatu sistem yang memfasilitasi jual beli saham, obligasi, dan instrumen keuangan lainnya antara para investor dan perusahaan yang membutuhkan dana. Sistem ini terdiri dari pasar primer dan pasar sekunder.

Pasar primer adalah pasar di mana perusahaan-perusahaan mencari dana dengan menjual saham atau obligasi untuk pertama kali kepada investor. Transaksi di pasar primer dilakukan melalui penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) di mana saham atau obligasi baru yang diterbitkan akan dijual langsung kepada investor. Tujuannya adalah untuk memperoleh dana untuk membiayai operasional atau ekspansi bisnis.

Pasar sekunder adalah pasar di mana saham dan obligasi yang sudah diterbitkan di pasar primer diperjualbelikan di antara para investor. Di pasar sekunder, harga saham dan obligasi ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran. Jika banyak investor yang ingin membeli saham atau obligasi tertentu, maka harganya akan naik, dan sebaliknya.

Sistem pasar modal memiliki peran penting dalam memajukan perekonomian suatu negara, karena memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan dana segar untuk ekspansi bisnisnya dan memberikan kesempatan kepada investor untuk mengalokasikan dana mereka secara efisien dan memperoleh keuntungan. Namun, investasi di pasar modal juga memiliki risiko yang tinggi, sehingga investor harus melakukan analisis yang matang sebelum memutuskan untuk melakukan investasi.

(maaf gk pake gambar)

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh nooraljasminet dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 07 Aug 23