1. Jelaskan tujuan penting mempelajari Pancasila secara yuridis konstitusional dan

Berikut ini adalah pertanyaan dari suci50549 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Jelaskan tujuan penting mempelajari Pancasila secara yuridis konstitusional dan objektif ilmiah serta contohnya.2.Tuliskan kajian ilmiah terkait aspek ontologis pancasila dan alasan terhadap konsep ontologis.
3.jelaskan faktor apa yang menyebabkan terjadinya kemorosotan moral dan bagaimana pancasila menyelesaikan atau solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut.
4.Uraikan makna kalimat bahwa Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum.
5. Saudara sebagai generasi penerus perjalanan bangsa dan memiliki kewajiban untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara maupun tanggung terhadap generasi yang akan datang. Susunlah rencana anda kedepan yang akan dilakukan dalam mengamalkan nilai pancasila sehingga dapat bermantaat bagi anda ataupun generasi penerus (di sesuaikan dengan program studi Ekonomi pembangunan).​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Tujuan penting mempelajari Pancasila secara yuridis konstitusional dan objektif ilmiah adalah untuk memahami landasan hukum dan nilai-nilai dasar yang menumbuhkan rasa kesatuan dan persatuan di antara masyarakat Indonesia. Contohnya, Pancasila mengajarkan konsep keadilan, kesetaraan, toleransi, dan kerjasama bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal ini menyebabkan peningkatan kesadaran di antara masyarakat Indonesia akan hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara.

Kajian ilmiah terkait aspek ontologis Pancasila adalah mengenai bagaimana Pancasila mengatur hubungan antara nilai dan realitas dalam filosofi dan teori politik. Pancasila menyatakan bahwa nilai-nilai yang diyakini oleh masyarakat Indonesia, seperti keadilan, kesetaraan, toleransi, dan kerjasama, harus diakui sebagai dasar untuk membangun hubungan dan mencapai tujuan bersama dalam masyarakat dan negara. Pancasila juga mengajarkan bahwa nilai-nilai tersebut harus dihormati dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Faktor yang menyebabkan terjadinya kemorosotan moral adalah faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Faktor sosial menyebabkan terjadinya ketidakadilan, diskriminasi, dan ketidaksetaraan sosial. Faktor budaya menyebabkan anomie dan hilangnya nilai-nilai budaya. Faktor ekonomi menyebabkan kesenjangan sosial dan ketidakadilan ekonomi. Faktor politik menyebabkan terjadinya ketidakadilan politik dan ketidaksetaraan hak.

Pancasila dapat menyelesaikan masalah kemorosotan moral dengan mempromosikan dan memperkuat nilai-nilai sosial yang sehat, seperti keadilan, kesetaraan, toleransi, dan kerjasama. Pancasila juga dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara dan meningkatkan partisipasi dalam pembangunan berkelanjutan.

Makna kalimat bahwa Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum adalah bahwa Pancasila merupakan dasar bagi semua hukum yang berlaku di Indonesia. Pancasila mengatur prinsip-prinsip, nilai-nilai, dan peraturan yang mengatur hubungan antara warga negara, institusi politik, dan pemerintah. Pancasila juga menyatakan bahwa semua hukum dan kebijakan yang diterapkan di Indonesia harus diatur dengan mengacu pada nilai-nilai yang dinyatakan dalam Pancasila.

Sebagai generasi penerus bangsa dan memiliki kewajiban untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara serta mempertanggungjawabkan kepada generasi berikutnya, saya akan berusaha untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pertama, saya akan meningkatkan kesadaran saya tentang nilai-nilai Pancasila dan berusaha untuk menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan saya. Kedua, saya akan meningkatkan kesadaran saya tentang hak dan kewajiban saya sebagai warga negara dan berusaha untuk mempromosikan nilai-nilai ini di kalangan masyarakat. Ketiga, saya akan berusaha untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang mempromosikan nilai-nilai Pancasila dan mengajarkan nilai-nilai ini kepada generasi berikutnya. Keempat, saya akan berusaha untuk berpartisipasi dalam pembangunan berkelanjutan dan mengajarkan nilai-nilai Pancasila sebagai landasan bagi pembangunan berkelanjutan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh agungboy615 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 14 Mar 23