Untuk memperdalam pemahaman anda mengenai materi Hakikat dan Makna IPTEKS

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Untuk memperdalam pemahaman anda mengenai materi Hakikat dan Makna IPTEKS bagi manusia kerjakanlah tugas berikut ini!Ilmu pengetahuan, teknologi dan sains sejak abad 15-an menjadi bidang yang focus dikembangkan oleh para ilmuwan. Tujuannya antara lain untuk menggali potensi dan pemanfaatan alam sekitar guna kelangsungan hidup umat manusia. Penggalian potensi alam sekitar oleh beberapa manusia yang kemudian dimanfaatkan untuk umatnya telah membawa perubahan. Banyak perubahan yang diakibatkan oleh perkembangan ipteks.
Berikan analisis kritis Anda tentang perkembangan IPTEKS dalam bidang sosial budaya serta dampak positif dan negatif yang ditimbulkannya!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kehidupan masyarakat sudah dimudahkan dengan adanya perkembangan teknologi yang menyebar dengan cepat dan meluas dengan sangat cepat dan pesat serta bergerak secara bersamaan.

Adapun peran IPTEK terhadap bidang sosial telah mengakibatkan terciptanya kembali nasionalisme kebudayaan.

Pembahasan:

Pada Negara satu pergerakan globalisasi yang terjadi sangat cepat hal itu juga akan mempengaruhi Negara-negara yang lain, hal itu merupakan hasil dari revolusi yang terjadi pada berbagai bidang, salah satunya bidang komunikasi. Adapun peran IPTEK terhadap bidang sosial telah mengakibatkan terciptanya kembali nasionalisme kebudayaan.

Namun, dari keseluruhan tersebut membawa dampak yang positif dan dampak yang negatif. Dari sisi positif dapat dilihat dengan mudahnya untuk mendapatkan informasi baru secara cepat dan tepat dalam berbagai hal dan bidang. Sedangkan sisi negatif, pada informasi yang telah ada sering kali tidak sesuai dengan nilai dan norma budaya pada negara kita.

Pelajari lebih lanjut :

Materi tentang perkembangan IPTEK di Indonesia dapat dipelajari pada link yomemimo.com/tugas/26127558

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh syubbana2 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 13 Feb 23