2. Faktor terpenting dalam sistem ekonomi pasar bebas

Berikut ini adalah pertanyaan dari alwahono0901 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. Faktor terpenting dalam sistem ekonomi pasar
bebas

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

JAWABAN:

FAKTOR TERPENTING (kelebihannya):

Perdagangan bebas mempunyai manfaat yang mampu dirasakan dalam perkembangan ekonomi dalam suatu negara. Berbagai manfaat yang kemungkinan akan dirasakan adalah lebih bebasnya setiap orang dalam mempunyai kekayaan dan mengolah sumber dayanya masing-masing. Sehingga, tingkat kreativitas dari setiap masyarakat akan lebih berkembang lagi.

Selain itu, setiap produsen juga akan lebih dituntut untuk membuat produk yang berkualitas karena pasar bebas melahirkan persaingan yang lebih ketat antar perusahaan. Sehingga, para pengusaha pun akan menjadi lebih efektif dan efisien karena mereka akan bergerak atas dasar prinsip ekonominya masing-masing.

FAKTOR TERPENTING (kekurangannya):

tetapi Perlu diperhatikan pula bahwa pasar bebas atau perdagangan bebas mempunyai beberapa kekurangan yang berpotensi mengancam perekonomian suatu negara. Contoh sederhananya adalah perusahaan yang lemah atau kecil akan menjadi semakin tereksploitasi oleh perusahaan yang lebih kuat.

Kegiatan monopoli perdagangan pun akan semakin rawan terjadi, yang mana hal tersebut mampu membahayakan pihak perusahaan yang bergerak pada industri yang sama. Selain itu, potensi kesenjangan ekonomi antar perusahaan yang kuat dan yang lemah pun akan semakin besar.

Perdagangan bebas juga mampu mengancam kestabilan perekonomian pada suatu negara jika produk dalam negara tersebut tidak mampu bersaing dengan produk asing yang masuk ke negaranya. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka negara pun bisa memiliki sifat ketergantungan pada negara lain, dan akan berdampak pada menurunnya tingkat perekonomian pada negara tersebut.

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

AyuLp02

#Semoga Membantu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ayulp6332 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 13 Dec 22