Diketahui suatu persamaan regresi sebagai berikut: Yt = α +

Berikut ini adalah pertanyaan dari suhendraanjasmara128 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Diketahui suatu persamaan regresi sebagai berikut: Yt = α + β1X1t + β2X2t-1 + et Jelaskan apa arti notasi t-1 pada variabel X2 dan saat kondisi apa peneliti menggunakan notasi tersebut pada persamaan regresinya?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Notasi t-1 pada variabel X2 pada persamaan regresi tersebut menunjukkan bahwa variabel X2 pada waktu t-1 digunakan sebagai salah satu prediktor untuk menjelaskan nilai Y pada waktu t.

Notasi t-1 pada variabel X2 digunakan pada kasus ketika peneliti memperkirakan bahwa nilai Y pada waktu t dipengaruhi oleh nilai X2 pada waktu t-1, yaitu terdapat lag satu periode antara variabel X2 dan Y. Hal ini bisa terjadi pada beberapa kasus, misalnya pada penelitian ekonomi ketika terdapat keterlambatan dalam respons variabel dependen terhadap variabel independen.

Dengan menggunakan notasi t-1 pada variabel X2, peneliti bisa memperkirakan pengaruh variabel X2 pada nilai Y pada waktu t dengan mempertimbangkan nilai variabel X2 pada waktu sebelumnya (t-1).

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Nelvinpranama45 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 12 Aug 23