pak Ahmad memiliki sebidang tanah dan bangunan dan masing masing

Berikut ini adalah pertanyaan dari oppo1842021 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

pak Ahmad memiliki sebidang tanah dan bangunan dan masing masing memiliki nilai jual sbb: -Tanah 1 bidang seharga Rp 70 JT -bangunan sebesar Rp 150 JT hitung lah besar nya PBB yg harus dibayar pak Ahmad​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Besar PBB yang harus dibayarkan oleh Pak Ahmad tergantung pada besarnya NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) dari tanah dan bangunan yang dimilikinya serta tarif PBB yang berlaku di daerahnya.

Sebagai contoh, jika NJOP tanah sebesar Rp 70 JT dan NJOP bangunan sebesar Rp 150 JT, maka NJOP totalnya adalah Rp 220 JT. Jika tarif PBB di daerah tersebut sebesar 0,5%, maka besar PBB yang harus dibayarkan oleh Pak Ahmad adalah:

PBB = NJOP x Tarif PBB

= Rp 220 JT x 0,5%

= Rp 1,1 JT

Jadi, Pak Ahmad harus membayar PBB sebesar Rp 1,1 JT. Namun, perlu dicatat bahwa tarif PBB dan NJOP bisa berbeda-beda di setiap daerah, sehingga besarnya PBB yang harus dibayarkan bisa saja berbeda dari contoh di atas.

Penjelasan:

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sadtomioaya dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 18 May 23