jelaskan menurut pendapat kalian tentang pengaruh APBN terhadap pembangunan ekonomitolongg​

Berikut ini adalah pertanyaan dari imikuchan990 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan menurut pendapat kalian tentang pengaruh APBN terhadap pembangunan ekonomi
tolongg​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Dari segi pembangunan ekonomi negara akan memiliki keadaan ekonomi yang lebih baik dari keadaan sebelumnya. Negara juga dapag meningkatkan indeks pembangunan manusia sebagai bagian dari kualitas hidup manusia sendiri.

Secara umum pengaruh APBN terhadap kondisi perekonomian suatu negara dapat digambarkan sebagai berikut :

1. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sehingga dapat diketahui besaran GNP dari tahun ke tahun.

2. Menciptakan kestabilan keuangan atau kestabilan moneter suatu negara karena jumlah uang yang beredar di masyarakat dapat diatur.

3. Menimbulkan investasi masyarakat karena industri kecil dalam negeri atau industri di berbagai kalangan/ golongan masyarakat dapat difasilitasi dan dikembangkan.

4. Memperlancar distribusi pendapatan dengan mengatur sumber penerimaan dan penggunaan belanja sehingga negara dapat mengetahui sumber penerimaan dan penggunaan dana tersebut untuk pembelanjaan pegawai, belanja barang dan sebagainya.

5. Memperluas atau membuka kesempatan lapangan kerja baru karena peningkatan pembangunan akan mengakibatkan peningkatan peluang kerja. Membuka lapangan kerja baru dengan adanya pembangunan maka mampu menyerap banyak tenaga kerja, sehingga tingkat pengangguran berkuran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh megacyntia36457 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 24 Apr 23