4.) Ada suatu perusahaan baru yang memproduksi deterjen bubuk yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari harmenfitriano164 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

4.) Ada suatu perusahaan baru yang memproduksi deterjen bubuk yang akan membuka pasarnya didaerah anda. Jika anda diminta bantuannya oleh perusahaan tersebut untuk membentuk divisi penjualan. a.) Berapa jumlah Salesman yang akan anda sarankan untuk mengcover daerah tersebut, jika jumlah outlet GT ada 1.500 outlet dan outlet MT ada 80 outlet. Jelaskan dasar perhitungannya !! b. Kegiatan/ Support Promosi BTL (Below The Line) apa yang akan anda usulkan, minimal untuk 3 bulan pertama didaerah anda baik untuk outlet GT maupun MT ??​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

a) Jumlah salesman yang dapat saya sarankan untuk mengcover daerah tersebut adalah sebanyak 10 orang. Dasar perhitungannya adalah dengan membagi jumlah outlet yang harus dikunjungi oleh setiap salesman. Jika diasumsikan setiap salesman dapat mengunjungi sebanyak 15 outlet per hari, maka dibutuhkan sebanyak 100 hari untuk mengunjungi semua outlet GT dan MT. Dengan demikian, diperlukan sebanyak 10 orang salesman untuk mengcover semua outlet GT dan MT dalam waktu 100 hari.

b) Berikut adalah beberapa kegiatan/support promosi BTL (Below The Line) yang dapat saya usulkan untuk 3 bulan pertama di daerah tersebut, baik untuk outlet GT maupun MT:

  1. Pemasangan spanduk di area strategis di sekitar outlet GT dan MT.
  2. Distributing flyer atau brosur kepada pelanggan yang datang ke outlet GT dan MT.
  3. Menggelar acara sampling di beberapa outlet GT dan MT untuk memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk mencoba produk deterjen bubuk tersebut.
  4. Membuat kompetisi menarik yang terkait dengan produk deterjen bubuk, misalnya kuis atau lomba foto yang diikuti oleh pelanggan.
  5. Menggelar workshop atau seminar tentang kegunaan dan manfaat produk deterjen bubuk bagi keluarga.
  6. Membuat kolaborasi dengan toko atau outlet lain yang terkait dengan produk rumah tangga, seperti toko kelontong atau toko peralatan dapur, untuk mempromosikan produk deterjen bubuk.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh browncase dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 15 Mar 23