1. Proses terbentuknya obligasi2. Jenis3. Penetapan harga4. Keuntungan atau Kerugian

Berikut ini adalah pertanyaan dari khaylarahmadina69 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Proses terbentuknya obligasi2. Jenis
3. Penetapan harga
4. Keuntungan atau Kerugian
5. Cara perhitungan dan contoh ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Proses terbentuknya obligasi adalah melalui proses penawaran umum (initial public offering) di bursa efek atau melalui mekanisme privat placement. Perusahaan atau pemerintah yang ingin mengumpulkan dana dari masyarakat melalui obligasi akan mengajukan proposal kepada regulator dan mengikuti proses yang ditentukan. Setelah mendapat persetujuan, obligasi akan ditawarkan kepada masyarakat dan diperdagangkan di bursa efek.

2. Jenis obligasi yang ada di pasar antara lain: obligasi pemerintah, obligasi korporasi, obligasi negara berkembang, obligasi dengan jaminan hipotek, obligasi dengan jaminan saham, dan lain-lain.

3. Penetapan harga obligasi dilakukan dengan menentukan tingkat bunganya (yield) yang akan diterima investor. Tingkat bunga ini ditentukan berdasarkan tingkat suku bunga pasar, risiko perusahaan atau pemerintah yang menerbitkan obligasi, dan jangka waktu obligasi.

4. Keuntungan yang didapat dari obligasi adalah bunga yang diterima investor secara periodik (bulanan, triwulanan, atau tahunan) sesuai dengan tingkat bunga yang ditentukan saat penerbitan obligasi. Kerugian yang mungkin terjadi adalah jika perusahaan atau pemerintah yang menerbitkan obligasi mengalami kesulitan keuangan dan tidak mampu membayar bunga atau mengembalikan modal pokok kepada investor.

5. Cara perhitungan bunga obligasi adalah dengan mengalikan nilai nominal obligasi dengan tingkat bunga yang ditentukan. Contoh: jika nilai nominal obligasi adalah Rp100.000.000 dan tingkat bunga adalah 8%, maka bunga yang diterima investor setiap tahun adalah Rp8.000.000 (Rp100.000.000 x 8%).

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh saidghiyatss dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 18 Apr 23