Jelaskan aksioma monotonisitas dan konveksitas dan implikasinya terhadap bentuk kurva

Berikut ini adalah pertanyaan dari sultonhidayahtulloh9 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan aksioma monotonisitas dan konveksitas dan implikasinya terhadap bentuk kurva indiferen.​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Aksioma monotonisitas adalah asumsi yang menyatakan bahwa preferensi individu terhadap barang-barang akan selalu meningkat atau tidak berubah ketika jumlah barang tersebut meningkat. Ini berarti bahwa jika seseorang lebih suka memiliki lebih banyak barang A daripada barang B, maka dia akan terus lebih suka memiliki lebih banyak barang A daripada B ketika jumlah barang A yang dimilikinya semakin banyak.

Aksioma konveksitas adalah asumsi yang menyatakan bahwa preferensi individu terhadap dua barang akan selalu terdistribusi secara proporsional di antara dua barang tersebut. Ini berarti bahwa jika seseorang lebih suka memiliki lebih banyak barang A daripada barang B, maka dia akan lebih suka memiliki campuran barang A dan B daripada hanya memiliki salah satu barang tersebut.

Implikasi dari aksioma monotonisitas dan konveksitas terhadap bentuk kurva indiferen adalah bahwa kurva indiferen akan selalu meningkat atau tidak berubah dan akan selalu terdistribusi secara proporsional di antara dua barang. Ini berarti bahwa jika seseorang memiliki preferensi terhadap lebih banyak barang A daripada B, maka kurva indiferen-nya akan selalu meningkat atau tidak berubah ketika jumlah barang A yang dimilikinya semakin banyak, dan akan selalu terdistribusi secara proporsional di antara barang A dan B.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alfiawan4e dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 20 Mar 23