Pasar Oligopoli Pasar oligopoli merupakan pasar yang terdiri dari beberapa penjual

Berikut ini adalah pertanyaan dari ncunin pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pasar OligopoliPasar oligopoli merupakan pasar yang terdiri dari beberapa penjual (produsen) untuk satu jenis barang tertentu.
1. Sebutkan 2 produsen yang disebut duopoli? Jelaskan.
2. Mengapakah saling ketergantungan antara perusahaan menjadi aspek penting dalam perusahaan ini? Jelaskan.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Duopoli adalah bentuk dari oligopoli dimana hanya ada dua produsen yang memproduksi barang tertentu. Contoh dari duopoli adalah pasar minyak bumi yang hanya di dominasi oleh dua perusahaan besar seperti ExxonMobil dan Chevron. Atau pasar rokok yang di dominasi oleh dua perusahaan besar seperti Philip Morris dan British American Tobacco.

Saling ketergantungan antara perusahaan menjadi aspek penting dalam pasar oligopoli karena jumlah produsen yang terbatas menyebabkan setiap perusahaan harus memperhatikan tindakan dari perusahaan lain dalam menentukan harga dan produksi. Jika satu perusahaan menaikkan harga, maka perusahaan lain akan mengikuti untuk mengejar keuntungan. Begitu juga sebaliknya jika satu perusahaan menurunkan harga, maka perusahaan lain akan ikut menurunkan harga untuk tetap kompetitif. Saling ketergantungan ini juga dapat menyebabkan persaingan yang ketat dalam pasar oligopoli.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh danialalfatpcoue6 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 13 Apr 23