jelaskan perbedaan ekonomi islam, ekonomi konvensional dan ekonomi sosialis? ​

Berikut ini adalah pertanyaan dari evifebrianti1010 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan perbedaan ekonomi islam, ekonomi konvensional dan ekonomi sosialis? ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Ekonomi Islam adalah sebuah sistem ekonomi yang didasarkan pada prinsip-prinsip dalam agama Islam. Hal ini berbeda dari ekonomi konvensional yang didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi klasik dan ekonomi kemodernan, serta dari ekonomi sosialis yang didasarkan pada konsep kepemilikan bersama dan kontrol pemerintah atas produksi dan distribusi barang dan jasa.

Salah satu perbedaan utama antara ekonomi Islam dan ekonomi konvensional adalah prinsip-prinsip yang menjadi landasannya. Ekonomi Islam menekankan pentingnya keadilan dan kesetaraan dalam perekonomian, serta mengharamkan praktik-praktik yang dianggap tidak etis seperti riba (bunga) dan gharar (ketidakjelasan dalam transaksi). Sedangkan ekonomi konvensional lebih menekankan pada konsep-konsep seperti nilai tambah, pasar bebas, dan perdagangan internasional.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh radengozal dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 14 Mar 23