Jelaskan tentang konsep law of diminishing return yang ada kaitanya

Berikut ini adalah pertanyaan dari rizku3455 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan tentang konsep law of diminishing return yang ada kaitanya dengan utility konsumen dan seperti apa contohnya !

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

The law of diminishing return dan utilitas konsumenmemilikiketerkaitansoaldaya guna yang menurun.

Penjelasan:

The law of diminishing return kerap digunakan untuk menggambarkan titik optimal pada produksi suatu barang.Sedangkan utilitas konsumen untuk menggambarkantingkat kepuasan konsumen.

Keduanya memiliki titik optimal tertentu. Apabila suatu input terus ditambah baik dari sisi produksi maupun suatu konsumsi ditambah dari sisi konsumsi maka titik optimal akan tercapai. Setelah mencapai titik optimal maka akan mengalami penurunan.

Sebagai contoh:

The law of diminishing return

Pemilik sawah mempekerjakan 2 petani dan memiliki produksi dan pendapatan yang meningkat. Kemudian dia menambah 1 petani lagi, maka hasil menjadi optimal. Melihat hal itu pemilik sawah menambah 1 petani lagi dengan tujuan hasil semakin optimal. Namun justru garapan 4 petani menjadi tidak optimal karena luas lahannya tetap. Sehingga ongkos produksi menggaji makin besar namun hasil tetap, sehingga margin turun.

Utilitas konsumen

Seseorang mengkonsumsi nasi karena lapar. Dengan makan 1 porsi nasi, rasa lapar hilang. Kemudia dia menambah 1 porsi dia menjadi sangat puas. Namun jika dia menambah 1 porsi lagi maka dia akan mengalami penurunan kepuasan dan tidak lagi tertarik pada nasi tersebut. Sehingga daya guna menurun atau negatif.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang pengertian the law of diminishing marginal return pada yomemimo.com/tugas/20497358

#BelajarBersamaBrainly

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 26 Jul 22