2 Suatu perusahaan membutuhkan kendaraan operasional. Pembelian kendaraan tersebut memerlukan

Berikut ini adalah pertanyaan dari ferhatfebriyani pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2 Suatu perusahaan membutuhkan kendaraan operasional. Pembelian kendaraan tersebut memerlukanbiaya sebesar Rp210.000.000,-. Kendaraan tersebut dianggap memiliki umur ekonomis selama 6 tahun
tanpa adanya nilai residual. Setiap tahunnya, perusahaan mengharapkan pendapatan kas sebesar
Rp100.000.000,- dan pengeluaran kas sebesar Rp60.000.000,-.
Diminta:
1) Hitunglah payback period untuk mesin otomatis tersebut!
2) Hitunglah ARR (accounting rate of return)

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Valuasi merupakan cara menilai suatu perusahaan dengan perbandingan - perbandingan akuntansi.

1. Payback period = investasi/aliran kas bersih

Payback period = 210.000.000/40.000.000

Payback period = 5,25 kali

2. ARR = Investasi / lama waktu

ARR = 210.000.000/6

ARR = 3,5 kali

Pembahasan

Valuasi adalah cara untuk menentukan nilai. Secara linguistik, evaluasi berasal dari kata bahasa Inggris ``nilai''. Nilai diartikan sebagai seseorang yang memaknai suatu objek pada waktu dan tempat tertentu.

Penilaian perusahaan berarti, misalnya, proses analitis untuk menentukan nilai perusahaan. Di bawah ini adalah uraian lengkap tentang peringkat, cara penghitungannya, faktor-faktor yang memengaruhi peringkat, dan contohnya.

Dalam ilmu ekonomi, penilaian berfokus pada penentuan nilai moneter yang digunakan untuk menilai aset, barang, dan jasa. Penilaian ekonomi adalah alat untuk menilai ekosistem, dinyatakan dalam nilai moneter atau uang.

Skor adalah ukuran manfaat dan dampak yang diberikan oleh perusahaan atau ekosistem bisnis. Perusahaan yang berbeda memiliki penilaian yang berbeda. Penilaian ditentukan dari aset keuangan dan kinerja perusahaan.

Nilai wajar dipengaruhi oleh prospek perkembangan perusahaan itu sendiri. Artinya, semakin kuat kinerja perusahaan atau prospek pertumbuhan ke depan, semakin tinggi nilai wajarnya.

Keberadaan penilaian tersebut berguna ketika mencoba untuk menentukan nilai wajar sekuritas. Nilai wajar ditentukan ketika pembeli bersedia membayar penjual (bersedia bertransaksi). Oleh karena itu, penilaian penting bagi perusahaan dan pengusaha untuk menentukan harga jual perusahaan.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang valuasi yomemimo.com/tugas/7643735

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 30 Jan 23