Jelaskan Perbedaan APBD Provinsi dan APBD Kabupaten dari segi penerimaan

Berikut ini adalah pertanyaan dari maydo pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan Perbedaan APBD Provinsi dan APBD Kabupaten dari segi penerimaan dan pengeluarannya! ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) adalah rencana belanja pemerintah daerah untuk satu tahun anggaran. APBD Provinsi dan APBD Kabupaten adalah dua tingkat pemerintahan yang memiliki perbedaan dalam hal penerimaan dan pengeluaran.

   Penerimaan: APBD Provinsi menerima pendapatan dari pemerintah pusat, hasil penerimaan daerah, dan sumber-sumber lain seperti pajak, retribusi, dan dana bagi hasil. Sementara itu, APBD Kabupaten menerima pendapatan dari pemerintah provinsi, pemerintah pusat, dan hasil penerimaan daerah.

   Pengeluaran: APBD Provinsi digunakan untuk membiayai sejumlah program dan kegiatan pemerintahan provinsi, termasuk pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas pendidikan, dan pelayanan kesehatan. Sementara itu, APBD Kabupaten digunakan untuk membiayai program dan kegiatan pemerintahan kabupaten, seperti pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas pendidikan, dan pelayanan kesehatan.

Secara umum, APBD Provinsi memiliki sumber penerimaan dan skala pengeluaran yang lebih besar dibandingkan APBD Kabupaten. Namun, kedua APBD tersebut memiliki tugas dan fungsi yang sama dalam menunjang pembangunan daerah dan pelayanan publik.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh farisadyarahman6 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 01 May 23