Sebagai Ibu rumah tangga,ibu Susi mengeluhkan mahalnya harga bawang merah

Berikut ini adalah pertanyaan dari mutmainnahusriana pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebagai Ibu rumah tangga,ibu Susi mengeluhkan mahalnya harga bawang merah dipasar.harga bawang merah yang biasa dijual dikisaran Rp. 16.000,00/kg kemudian naik menjadi Rp.25.000,00/kg.saat ini harga bawang mencapai Rp.48.000,00/kg. Selain mahal bawang merah juga mulai langka dipasaran,stok yang tersedia pun kualitasnya kurang bagus.biasanya kalau harga bawang mahal disebabkan karena produksi panen petani berkurang sehingga stok barang petani yang di jual kepasar juga sedikit. Berdasarkan kasus yang dialami oleh ibu susi tersebut, langkah yang tepat dalam jangka pendek untuk mengatasi kelangkaan dan tingginya harga bawang merah adalah .​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Ibu Susiyang merupakan seorang ibu rumah tangga mengeluhkanharga bawang merahyang kian menjadi mahal karenaproduksipanen petani yang menjadiberkurang. Berdasarkan kasus yang dialami oleh Ibu Susi, langkah jangka pendekyang bisa diambil oleh pemerintah adalah melakukanimpor terhadap bawang merah guna meningkatkan jumlah bawang merah yang beredar di pasaran.

Pembahasan

Kelangkaan adalah masalah ekonomi yang paling dasar dan bisa dibilang paling umum untuk terjadi di suatu wilayah. Kelangkaan pada dasarnya bisa terjadi karena kurangnya alat pemuas kebutuhan yang ada pada suatu daerah. Dampak dari kelangkaan adalah meningkatnya harga dari alat pemuas kebutuhan tersebut menjadi luar biasa tinggi. Untuk bisa mengatasi kelangkaan, persediaan atau jumlah dari alat pemuas kebutuhan yang tersedia harus mencukupi dan salah satu langkah jangka pendek yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan impor sehingga bisa meningkatkan jumlah alat pemuas kebutuhan dengan jumlah besar dalam waktu yang singkat sehingga harga pasaran bisa stabil.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang faktor terjadinya kelangkaan yomemimo.com/tugas/3633639

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 26 Jun 23