1 Sejak zaman nenek moyang desa telah ada. Silakan jelaskan

Berikut ini adalah pertanyaan dari bronlucia265 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Sejak zaman nenek moyang desa telah ada.Silakan jelaskan gambaran asal mula desa berdasarkan hal berikut:
a. ilmu kemasyarakatan
b. ilmu jiwa
c. lingkungan alam sekeliling
d. cara berdirinya
e. simpulan
2 Perkataan desa berasal dari bahasa Sankerta yang berarti tanah tumpah darah.
Kemukakan pengertian desa berdasarkan landasan formal dan ciri-ciri umum desa!
3 Pada dasarnya pembentukan desa bertujuan untuk meningkatkan pelayanaan publik guna mempercepat
terwujudnya kesejahteraan rakyat.
Silakan kemukakan tata cara pembentukan desa!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. a. Ilmu kemasyarakatan merupakan ilmu yang digunakan dalam prinsip kebersamaan yang bertujuan untuk menghasilkan keputusan yang dapat digunakan bersama.

b. Ilmu Jiwa merupakan ilmu yang dari dalam diri manusia yang mengajarkan tentang nilai-nilai yang dianggap benar sehingga segala sesuatu yang berasal dari hati akan menghasilkan ketentraman.

c. Lingkungan alam sekeliling menentukan faktor suatu desa itu sendiri berasal, biasanya nama-nama desa berasal dari sebuah lingkungan yang mendukung adanya peradaban dilingkungan tersebut. Contohnya desa tirtowungu diambil dari lingkungan yang mempunyai air terjun berwarna ungu.

d. Cara berdirinya desa ditandai dengan upacara adat yang berjalannya adat tersebut mengesahkan calon pemerintah desa sesuai dengan kesepakatan bersama.

e. Simpulan, desa merupakan salah satu tempat tinggal seseorang yang diperjuangkan dengan tumpah darah, tempat bersosialisasi dan sebagai tempat istirahat.

2. Dari landasan formil terbentuknya desa merupakan kesatuan dari hukum adat yang berlaku yang diputuskan secara bersama demi terciptanya kerukunan antar penduduk desa. Ciri-ciri dari sebuah desa :

  • Berdirinya di suatu wilayah.
  • Terdapat penduduk.
  • Mempunyai susunan Adat.
  • Terdapat Tokoh adat atau tokoh desa.
  • Pemerintahan yang ditunjuk secara bersama melalui hukum yang berlaku.

3. Pembentukan desa dengan adanya pengakuan pemerintahan yang dapat dipercaya sangat menentukan dalam pengurusan pelayanan publik pada suatu pembentukan desa.

Pembahasan

Desa merupakan karakter masyarakat yang masih utuh dan merupakan hasil dari sebuah peradaban. Kemajuan desa terletak pada kewenangan pemerintah desa dalam mengatasi otonomi wilayahnya dan tata pemerintahannya berdasarkan adat istiadat yang ditetapkan secara bersama.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang Pengertian Desapadayomemimo.com/tugas/12592208

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh azisriyadi dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 04 Aug 22