Tugas 1 Pengantar Ilmu Komunikasi Saudara mahasiswa, pada pertemuan 3 telah

Berikut ini adalah pertanyaan dari tabligherdiyawan pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Tugas 1 Pengantar Ilmu KomunikasiSaudara mahasiswa, pada pertemuan 3 telah disampaikan tentang elemen-elemen komunikasi dari suatu proses komunikasi. Untuk tugas 1, coba Anda buat contoh berlangsungnya suatu proses komunikasi yang melibatkan elemen-elemen komunikasi, mulai dari sumber, pesan, media, penerima, efek, umpan balik, dan kemungkinan adanya gangguan dalam proses komunikasi tersebut. dalam mengerjakan tugas:
1. Jelaskan terlebih dahulu pengertian dari masing-masing elemen komunikasi tersebut
2. Selanjutnya, buatlahh contoh dalam bentuk narasi yang menggambarkan berlangsungnya suatu proses komunikasi dengan melibatkan elemen-elemen komunikasi tersebut.
Tugas 1 Sistem Sosial Budaya Indonesia

1. Secara umum, masyarakat biasanya dikategorikan oleh Emile Durkheim sebagai masyarkaat bersolidaritas mekanik dan bersolidaritas organik. Solidaritas mekanik disebut biasa muncul pada masyarakat pedesaan sedangkan solidaritas organik pada masyarakat perkotaan. Berdasar karakteristik dua tipe solidaritas ini, apakah pandangan pembagian solidaritas masyarakat di perdesaan dan perkotaan ini masih mutlak seperti pendapat Durkheim?

2. Furnivall (1976) menyatakan bahwa pada masyarakat Hindia Belanda, pluraralisme terjadi dalam bentuk dua elemen masyarakat atau lebih yang hidup secara sendiri tanpa adanya pembauran dalam kesatuan politik. Pada kondisi Indonesia saat ini, apakah kondisi tersebut masih terjadi? Jelaskan dan beri contoh.

3. Andi memiliki Ayah dan Ibu yang beretnis Jawa. Sejak lahir dan besar, Andi sudah tinggal di Denpasar dan banyak berinteraksi dengan budaya Bali. Dia bahkan juga mampu berbahasa Bali dengan fasih dan menampilkan tari Kecak dengan baik. Berdasar teori primordial, Andi lebih tepat menggolongkan diri sebagai etnis apa?

4. Salah satu hasil pemikiran Geertz yang paling banyak dikutip mengenai masyarakat Jawa adalah terkait pembagiannya dalam tiga tipe yaitu Abangan, Santri, dan Priyayi. Menurut Anda, apakah pembagian secara mutlak ini masih terjadi di saat ini dan apakah pembagian seperti ini juga terjadi pada kelompok etnis lain selain masyarakat Jawa?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Tugas 1: Proses Komunikasi dalam Konteks Sistem Sosial Budaya Indonesia

Elemen-elemen Komunikasi:

  • Sumber: merupakan individu atau kelompok yang mengirimkan pesan dalam suatu proses komunikasi.
  • Pesan: adalah informasi atau makna yang ingin disampaikan oleh sumber kepada penerima.
  • Media: adalah sarana atau cara yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari sumber ke penerima, seperti lisan, tulisan, gambar, atau teknologi modern seperti telepon dan internet.
  • Penerima: adalah individu atau kelompok yang menerima pesan dari sumber dalam suatu proses komunikasi.
  • Efek: adalah dampak atau reaksi yang ditimbulkan oleh pesan yang diterima oleh penerima.
  • Umpan balik: adalah informasi atau respons yang diberikan oleh penerima kepada sumber setelah menerima pesan.
  • Gangguan: adalah faktor-faktor yang dapat mengganggu atau menghalangi proses komunikasi, seperti kebisingan, ketidakjelasan pesan, atau perbedaan persepsi antara sumber dan penerima.

Contoh Proses Komunikasi:

  • Sumber (Dosen): "Selamat pagi, mahasiswa. Kita akan memulai kuliah hari ini dengan membahas tentang keberagaman budaya di Indonesia. Saya akan menggunakan presentasi sebagai media untuk menyampaikan materi."
  • Pesan: "Membahas keberagaman budaya di Indonesia."
  • Media: Presentasi
  • Penerima: Mahasiswa
  • Efek: Mahasiswa memperoleh pengetahuan baru mengenai keberagaman budaya di Indonesia.
  • Umpan balik: Mahasiswa memberikan pertanyaan dan tanggapan terhadap materi yang disampaikan.
  • Gangguan: Terdapat kebisingan di luar ruangan yang mengganggu konsentrasi mahasiswa.

Tugas 2: Sistem Sosial Budaya Indonesia

  • Solidaritas masyarakat di perdesaan dan perkotaan tidak mutlak seperti yang dijelaskan oleh Durkheim. Saat ini, terdapat beragam faktor yang mempengaruhi solidaritas masyarakat, seperti faktor ekonomi, sosial, dan politik. Masyarakat di perdesaan dan perkotaan juga dapat saling bergantung dan berinteraksi satu sama lain, sehingga solidaritas antar keduanya tidak lagi dapat dibedakan secara tegas.
  • Contoh: Masyarakat di perkotaan dapat membeli hasil pertanian dari masyarakat di perdesaan, sedangkan masyarakat di perdesaan membutuhkan barang-barang dari kota untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  • Pluralisme masih terjadi di Indonesia saat ini. Terdapat beragam kelompok masyarakat yang hidup berdampingan dengan karakteristik dan kepentingannya masing-masing. Contohnya adalah kelompok etnis Tionghoa, kelompok etnis Batak, kelompok etnis Jawa, dan kelompok etnis Bali. Masing-masing kelompok etnis memiliki budaya, bahasa, adat istiadat, dan kepercayaan yang berbeda, namun hidup bersama dalam satu kesatuan politik sebagai warga negara Indonesia.

Pembahasan:

Komunikasi diartikan sebagai suatu proses penyampaian informasi baik pesan, ide maupun gagasan dari satu pihak kepada pihak lain yang umumnya dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.

Menurut New Comb, komunikasi merupakan transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima. Raymond Ross mendefinisikan komunikasi sebagau proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu pendengar membangkitkan respons atau makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.

Pelajari Lebih lanjut

Pelajari Lebih lanjut tentang Jelaskan proses komunikasi yomemimo.com/tugas/705927

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mohhan86 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 25 Jul 23