5. Pak Banu adalah seorang guru kelas 4 Sekolah Dasar

Berikut ini adalah pertanyaan dari sitirahayuputri41 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

5. Pak Banu adalah seorang guru kelas 4 Sekolah Dasar di Jakarta. Saat pertemuan rutin dengan walimurid, pak Banu kerap mendapatkan kritik dari para orangtua yang menganggap pak Banu terlalu
menekankan pada aspek pengetahuan kepada siswa. Tugas-tugas sekolah dan pola penilaian tidak
mengakomodasi aspek lain dan mengabaikan keterampilan abad 21 yang dituntut untuk dibekalkan
kepada siswa.
Pertanyaan:
Berdasarkan kasus tersebut, bagaimanakah prinsip khusus yang harus dijalankan pak Banu terkait
pemilihan isi pendidikan/materi dalam pengembangan komponen kurikulum agar dapat menajawab
keluhan dari para orangtua ? Jelaskan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut prinsip khususyang sebaiknya dilakukan Pak Banu terhadappemilihan isi pendidikan atau materi dalam pengembangan komponen kurikulum:

Pak Banu seharusnya mengkaji kritikan orangtuasebagaibentuk intropeksi terhadap metode pembelajarannya. Pengetahuan memang penting, namun pembelajaran yang terus-menerus menekankan pada pengetahuan dapat membuat murid hanya pandai dalam menjawab soal. Pada abad ke-21 sistem pembelajaran seharusnya student center. Maka sebagai seorang guru, Pak Banu dapat menerapkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual seperti menggunakan pembelajaran dengan pendekatan eksplorasi tentang lingkungan sekitar atau eksperimen. Sebagai guru, Pak Banu juga dapat melakukan pembelajaran dengan menghubungkan pengetahuan dengan sesuatu yang terdapat di kehidupan sehari-hari, melatih keterampilan sains siswa dan berpikir logis siswa yang dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa, kreativitas dan kemampuan komunikasi siswa.

Pembahasan:

Pembelajaran abad 21 lebih menekankan kepada student center daripada teacher center yang mengedepankan esensi pembelajaran dengan sistem problem solving, kreativitas, comunication. Maka sebagai guru pada abab ke -21, guru hanya berperan sebagai fasilitator yang membantu murid untuk mengkonstruk pemahamannya.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang Pembelajaran abad 21: yomemimo.com/tugas/16158355

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 04 Aug 22