Jelaskan peran pengawasan bagi bagian produksi. Dan berikan contohnya, termasuk

Berikut ini adalah pertanyaan dari muhammadrifaldi562 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan peran pengawasan bagi bagian produksi. Dan berikan contohnya, termasuk contoh pada perusahaan manufaktur dan jasa. ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Pengawasan adalah proses memantau dan mengontrol kegiatan atau proses untuk memastikan bahwa mereka berlangsung sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Dalam sebuah bagian produksi, pengawasan bertujuan untuk memastikan bahwa proses produksi berjalan dengan efisien, tepat waktu, dan sesuai dengan standar kualitas yang telah ditetapkan.

Di perusahaan manufaktur, pengawasan bagian produksi dapat meliputi memantau mesin-mesin produksi untuk memastikan bahwa mereka bekerja dengan baik, mengevaluasi kecepatan produksi dan mencari cara untuk meningkatkannya, serta memastikan bahwa produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan. Sebagai contoh, seorang pengawas bagian produksi di sebuah pabrik pembuatan mobil mungkin akan memantau mesin-mesin yang digunakan untuk membentuk komponen-komponen mobil, mengevaluasi kecepatan produksi, dan memastikan bahwa setiap mobil yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan.

Di perusahaan jasa, pengawasan bagian produksi dapat meliputi memantau kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh staf, mengevaluasi kecepatan pelayanan dan mencari cara untuk meningkatkannya, serta memastikan bahwa pelayanan yang diberikan memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan. Sebagai contoh, seorang pengawas bagian produksi di sebuah perusahaan jasa kebersihan mungkin akan memantau kegiatan pembersihan yang dilakukan oleh staf, mengevaluasi kecepatan pelayanan, dan memastikan bahwa setiap pelanggan yang dilayani merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dewawidia5 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 05 Apr 23