Pernahkan anda berbelanja ke suatu pasar tradisional atau supermarket? Pada

Berikut ini adalah pertanyaan dari jihansafitri32 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pernahkan anda berbelanja ke suatu pasar tradisional atau supermarket? Pada saat anda akan berbelanja membeli suatu barang misalnya kebutuhan bahan pokok seperti minyak kelapa, gula, bumbu dapur dan yang lainnya tiba-tiba anda melihat produk baju yang sedang diskon 50%, dan akhirnya anda berbelanja kebutuhan bahan pokok hanya sebagian karena sebagian uangnya anda belanjakan untuk membeli baju tersebut.Berdasarkan contoh diatas sudah atau belumkah anda melaksanakan fungsi manajemen dengan baik. Jelaskan jawaban anda …​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Dibawah ini terdapat sebuah studi kasus yang berkaitan dengan fungsi manajemen, yaitu:

Pernahkan Anda berbelanja ke suatu pasar tradisional atau supermarket? Pada saat Anda akan berbelanja membeli suatu barang misalnya kebutuhan bahan pokok seperti minyak kelapa, gula, bumbu dapur dan yang lainnya tiba-tiba Anda melihat produk baju yang sedang diskon 50%, dan akhirnya anda berbelanja kebutuhan bahan pokok hanya sebagian karena sebagian uangnya Anda belanjakan untuk membeli baju tersebut. Berdasarkan contoh diatas sudah atau belumkah Anda melaksanakan fungsi manajemen dengan baik. Jelaskan jawaban Anda …

Berdasarkan contoh di atas menurut penulis jika penulis berbelanja seperti kasus di atas berarti penulis belum berhasil dalam mengontrol diri dan belum melaksanakan fungsi manajemen secara maksimal kendati budget pengeluaran telah sesuai dengan yang dianggarkan sebelumnya.

Pembahasan

Kenapa dikatakan bahwa penulis belum berhasil dalam mengontrol diri dan belum melaksanakan fungsi manajemen? Dalam hal ini terdapat poin-poin yang menunjukkan kenapa penulis memilih jawaban tersebut, yaitu:

  • Pembelian produk baju yang sedang diskon sebanyak 50% tidak termasuk dalam perencanaan dalam pembelian karena tujuan awal dari belanja adalah membeli kebutuhan bahan pokok seperti minyak kelapa, gula, bumbu dapur dan yang lainnya yang telah dianggarkan untuk dibeli.
  • Penulis tidak bisa mengontrol diri karena tertarik dengan promo diskon 50% sehingga akhirnya hanya melakukan pembelian bahan pokok sebagian dari yang telah direncanakan sebelumnya.

Fungsi Manajemen

  • Perencanaan (planning): kegiatan yang berkaitan dengan membuat rencana dan ikhtisar secara terperinci mengenai segala sesuatu yang dibutuhkan untuk dikerjakan dan cara pelaksanaan dari perencanaan tersebut dalam mencapai tujuan.
  • Pengorganisasian (organizing): keseluruhan kegiatan yang menyangkut aktivitas manajemen dalam mengalokasikan seluruh sumber daya sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat.
  • Pengarahan (Leading) atau Pergerakan (Actuating): tindakan yang mengusahakan seseorang atau sekelompok orang dengan senang hati melakukan tugas atau pekerjaan yang dibebankan kepadanya sehingga pekerjaan tersebut dapat selesai sesuai tujuan yang telah ditetapkan.
  • Pengawasan (controlling): serangkaian kegiatan untuk mengadakan pengawasan, penyempurnaan dan melakukan penilaian untuk menjamin agar tujuan tetap tercapai sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Jika tidak tercapai fungsi pengawasan dalam hal ini manajer melakukan proses untuk mengkoreksi kegiatan agar tetap berjalan sebagaimana yang telah ditetapkan. Jadi pengawasan berfungsi untuk mengantisipasi kegagalan, mengkoreksi kegagalan dan memberi solusi dalam mengatasi kegagalan.

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: 6 – Konsep Manajemen

Kode: 10.12.6

#AyoBelajar#SPJ2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh endahsolutions77 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 03 May 23