Salah satu pokok organisasi adalah untuk siapa barang dapat duksi

Berikut ini adalah pertanyaan dari aliza89 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Salah satu pokok organisasi adalah untuk siapa barang dapat duksi jelaskan mengapa dengan sistem perekonomian campuran pemerintahan mengubah jalannya mekanisme mekanisme harga dalam fungsi menentukan untuk siapa diproduksip

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Sistem ekonomi campuran adalah sistem yang menggabungkan karakteristik pasar, kebijakan, dan ekonomi tradisional. Lalu apa saja ciri-ciri sistem ekonomi campuran dan negara yang menganut sistem ekonomi campuran?

Setiap negara pasti memiliki sistem perekonomian yang berbeda tergantung dengan kebutuhan dan kebijakan negara masing-masing. Sistem ekonomi digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di bidang ekonomi suatu negara.

Terkait sejarah dan pengertian sistem ekonomi campuran sudah pernah dibahas di tulisan sebelumnya. Agar lebih memahami mengenai apa itu sistem ekonomi campuran, akan dijelaskan ciri-ciri sistem ekonomi campuran serta kekurangan dan kelebihan sistem ekonomi campuran.

. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri sistem ekonomi campuran yang perlu diketahui:

-Pemerintah serta pihak swasta dituntut untuk selalu aktif dan juga terus melakukan kerjasama untuk menjalankan segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan sistem ekonomi campuran.

-Nantinya pemerintah akan memberikan kebebasan kepada pihak swasta dalam melakukan segala bentuk kegiatan ekonomi. Akan tetapi, pemerintah akan memberikan suatu batasan apabila ada hal mendesak dan dibutuhkan.

-Kemudian pemerintah juga akan melaksanakan perencanaan, peraturan, serta kebijakan yang berkaitan dengan sistem perekonomian tersebut.

-Persaingan yang terjadi di pasar tetap akan terjadi, akan tetapi masih dalam batasan wajar dan bersih menjadi salah satu ciri-ciri sistem ekonomi campuran.

-Di dalam sistem ekonomi campuran, mekanisme pasar bisa menentukan berbagai jenis produk, jumlah barang produksi, hingga harga jual produk-produk yang beredar.

-Namun, pemerintah juga berhak mengatur serta mengelola seluruh sumber daya yang penting dan berkaitan dengan kepentingan hidup masyarakat umum.

-Perlu digaris bawahi, dalam sistem ekonomi campuran, pemerintah dan pihak swasta mempunyai peranan yang sama dalam melakukan kegiatan perekonomian.

Penjelasan:

semoga membantu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh floritatriyanti74 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 02 Jan 23