Jelaskan tentang bagaimana mekanisme utang bisa menjadi pengungkit (leverage) dalam

Berikut ini adalah pertanyaan dari Alvinsy6186 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan tentang bagaimana mekanisme utang bisa menjadi pengungkit (leverage) dalam perusahaan?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Perusahaan dengan skala besar memiliki perhitungan yang lebih kompleks, terlebih jikaperusahaan menerbitkan saham yang memberikan peluang kepada investor untukmenanamkan modalnya di perusahaan tersebut. Selain mengandalkan dari saham,perusahaan besar juga mengandalkan hutang sebagai salah satu pendanaan usaha, baikhutang jangka pendek atau jangka panjang.Tentu saja ini menyebabkan perusahaan harus menghadapi berbagai resiko, salah satu resikotersebut adalah jika taksiran nilai mata uang saat ini berbeda nilai mata uang yang jatuh tempo, maka perusahaan akan rugi. Demikian juga dengan biaya operasional yangharus dibuat dengan rinci agar tetap efektif dan efisien.

Penjelasan:

SedangkanLeveragesadalah kemampuan perusahaan untuk menggunakan aset dari danapinjaman untuk menciptakan hasil pengembalian (return) yang baik dan mengurangi biaya.Ada dua jenisLeverage:Operating LeveragedanFinancial Leverage. UntukmeningkatkanFinancial Leverage, perusahaan dapat meminjam dana melalui penerbitansekuritas pendapatan tetap (Utang Jangka Panjang, Obligasi, dan lainnya).SedangkanOperatingLeveragedapat digunakan untuk meningkatkan arus kas danpengembalian-pengembalian (Returns). Dan hal tersebut dapat dicapai melalui peningkatanbiaya operasi tetap(FixedCost).Kedua metode tersebut bisa berpotensi memunculkan risikoseperti kebangkrutan. Tetapi jika digunakan dengan tepat akan sangat bermanfaat bagi bisnis.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh kariantotanjung2016 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 20 Dec 22