Suatu perusahaan mempunyai fungsi biaya produksi TC = 2K +

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Suatu perusahaan mempunyai fungsi biaya produksi TC = 2K + 2L, dan fungsi produksi Q = 2KL, dimana TC= total cost, Q = jumlah produksi, K = input kapital, L= input tenaga kerja. Kapasitas produksi yang diinginkan adalah 400 unit. Dengan metode Lagrange multiplier tentukanlah jumlah kombinasi K dan L yang optimal untuk meminimumkan TC dan berapa TC tersebut?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Tujuan kita adalah meminimumkan total biaya produksi (TC). Kita akan menggunakan metode Lagrange Multiplier untuk menyelesaikan masalah ini.

Tentukan fungsi Langrange

L = TC - 2K -2L - μ(Q-400)

Kita gunakan syarat kendali untuk menemukan solusi optimal:

∂L/∂K = 2-μ(2L) = 0

∂L/∂L = -2-μ(2K) = 0

Q = 2KL = 400

Dari syarat kendali kita dapat menghitung nilai K dan L:

K = 200/L

Q = 400 = 2(200/L)L

L = 100

K = 200

Kombinasi K dan L yang optimal adalah K = 200, L = 100. Total biaya produksi (TC) minimum adalah 800.

Penjelasan:

Kombinasi K dan L yang optimal adalah K = 200, L = 100 karena jumlah K dan L ini memenuhi syarat kendali ∂L/∂K = 2-μ(2L) = 0 dan ∂L/∂L = -2-μ(2K) = 0 yang menjamin biaya produksi (TC) yang minimum. Juga jumlah K dan L ini menghasilkan kapasitas produksi Q = 400 unit seperti yang diinginkan. Dengan K dan L yang optimal ini, total biaya produksi minimum adalah 800.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh brianherlambang2 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 19 Mar 23