Di perusahaan A, terjadi penggantian 5 manajer yang memasuki pensiun.

Berikut ini adalah pertanyaan dari mersiludiasorbu pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Di perusahaan A, terjadi penggantian 5 manajer yang memasuki pensiun. Berbeda dengan manajer sebelumnya, manajer saat ini kurang menunjukkan kepeduliannya pada karyawan. Hal ini mengakibatkan kinerja karyawan menurun. Pak Bambang GM dari perusahaan melihat kecendrungan ini dan dari data kinerja terlihat bahwa kinerja tersebut menurun semenjak dari penggantian manajer. Berdasarkan survei karyawan, manajer baru tersebut tidak menunjukkan kepedulian pada karyawan dan hal tersebut menyebabkan stress. Bedasarkan kasus di atas: 1. Stres pada level mana yang terjadi di Perusahaan A?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Adanya manajer baruyang tidak menunjukkan kepedulian pada karyawan membuat adanyastress kerjadanpenurunan kinerja pada karyawan di perusahaan A. Levelstress kerja yang terjadi pada perusahaan A berada padagejala perilaku di mana adanya perubahan dalam produktivitas dan hasil kerja dari karyawan karena perubahan yang terjadi pada perusahaan.

Pembahasan

Stress kerja adalah kondisi pada tenaga kerja yang mempengaruhi kondisi fisik, pikiran, dan juga emosi karena adanya perubahan atau ketidaksetujuan dengan komponen yang ada pada suatu lingkungan kerja. Salah satu hal utama yang bisa menciptakan stress kerja kepada para tenaga kerja adalah adanya tekanan kerja yang begitu tinggi, seperti target perusahaan yang tidak realistis. Namun, salah satu hal utama yang juga umum menciptakan stress kerja adalah adanya perubahan pada lingkungan internal perusahaan.

Perubahanpadalingkungan internal ini bisa berupa adanya penggantian pegawai hingga perubahan pada pengelolaan manajemen yang ada pada perusahaan. Adanya perubahan lingkungan internal yang tidak disertai dengan sosialisasi dan juga informasi yang cukup bisa membuat tenaga kerja menjadi stress. Pada soal di atas, kita melihat bahwa peningkatan stress kerja terjadi karena adanya perubahan pada tenaga kerja dan juga adanya perubahan sikap pada tenaga kerja berupa manajer tersebut. Berikut adalah tahapan dalam stress kerja:

  • Gejala perilaku: adanya perubahan dalam produktivitas, kinerja, dan hasil kerja dari karyawan yang cenderung memburuk.
  • Gejala psikologis: adanya perubahan pada kondisi emosional yang ada pada tenaga kerja, seperti adanya rasa kecemasan yang tinggi dan mudah marah.
  • Gejala fisiologis: tingkatan stress paling akhir yang membuat seorang tenaga kerja mengidap penyakit tertentu yang diakibatkan oleh stress kerja tersebut, seperti meningkatnya tekanan darah hingga jantung berdebar yang mengarah pada sakit jantung.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang jenis stressor pada perusahaan yomemimo.com/tugas/46331831
  2. Materi tentang pengaruh perputaran tenaga kerja terhadap kepuasan yomemimo.com/tugas/22774104
  3. Materi tentang pengaruh kelompok terhadap kinerja yomemimo.com/tugas/25302860

Detail jawaban

Kelas: 12

Mapel: Ekonomi

Bab: -

Kode: 12.12

#AyoBelajar #SPJ2 

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 29 Mar 23