Diketahui Fungsi permintaan Qd = 60-3 Pd dan Fungsi penawaran

Berikut ini adalah pertanyaan dari aisyah1512xx pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Diketahui Fungsi permintaan Qd = 60-3 Pd dan Fungsi penawaran Qs = 2 Ps - 10Berapakah harga dan kuantitas keseimbangan Pasar sesudah Pajak jika pemerintah mengenakan pajak Rp 5 perunit ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Keseimbangan harga dan kuantitas pasar sebelum pajak terjadi pada saat Qd = Qs. Dengan mempergunakan fungsi permintaan dan penawaran, kita bisa menemukan titik keseimbangan:

Qd = 60 - 3Pd = 2Ps - 10

60 - 3Pd = 2Pd - 10

5Pd = 50

Pd = 10

Kemudian, dengan menggunakan harga keseimbangan sebelum pajak (Pd = 10), kita bisa menemukan kuantitas keseimbangan sebelum pajak (Qd = 60 - 3Pd = 30):

Setelah pajak dikenakan, harga akan meningkat menjadi 10 + 5 = 15, sedangkan kuantitas yang diminta akan berkurang menjadi 30 - 5 = 25. Jadi, harga dan kuantitas keseimbangan pasar setelah pajak adalah 15 dan 25.

Penjelasan:

moga lancar

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh adityajhonysyahfitra dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 07 May 23