Jelaskan 10 keputusan dalam manajemen operasi Berikan contoh dalam kehidupan

Berikut ini adalah pertanyaan dari witarirania pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan 10 keputusan dalam manajemen operasi Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Penetapan Tujuan dan Sasaran: Manajemen operasi dapat membuat tujuan jangka panjang dan sasaran jangka pendek untuk mencapai tujuan tersebut. Contoh: Membuat tujuan untuk meningkatkan penjualan 10% pada akhir tahun dan menetapkan sasaran bulanan untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Penanganan Masalah: Manajemen operasi dapat mengidentifikasi masalah yang ada dan mencari solusi yang terbaik untuk memecahkan masalah tersebut. Contoh: Mengidentifikasi masalah yang ada dalam proses produksi dan mencari cara untuk membuat proses produksi lebih efisien.

3. Perencanaan Produksi: Manajemen operasi dapat merencanakan produksi untuk memastikan bahwa jumlah bahan baku, tenaga kerja, dan mesin yang tepat tersedia untuk memenuhi permintaan pasar. Contoh: Merencanakan produksi dengan menentukan jumlah bahan baku, tenaga kerja, dan mesin yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pasar.

4. Pengendalian Kualitas: Manajemen operasi dapat mengendalikan kualitas produk melalui inspeksi, pengujian, dan pengukuran untuk memastikan bahwa produk memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan. Contoh: Memastikan bahwa produk yang diproduksi memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan melalui proses inspeksi, pengujian, dan pengukuran.

5. Pengendalian Biaya: Manajemen operasi dapat mengendalikan biaya produksi dengan cara mengoptimalkan penggunaan sumber daya, mengurangi bahan baku yang tidak perlu, dan mengurangi biaya overhead. Contoh: Menggunakan sumber daya secara efisien, mengurangi bahan baku yang tidak perlu, dan mengurangi biaya overhead untuk mengendalikan biaya produksi.

6. Pemeliharaan dan Perbaikan Mesin: Manajemen operasi dapat memelihara dan memperbaiki mesin untuk memastikan bahwa produksi berjalan dengan lancar dan efisien. Contoh: Mengontrol mesin-mesin dan memperbaiki mesin yang rusak untuk memastikan bahwa produksi berjalan dengan lancar dan efisien.

7. Pengaturan Ritme Kerja: Manajemen operasi dapat mengatur ritme kerja untuk memastikan bahwa produksi berjalan dengan lancar dan efisien. Contoh: Mengatur jadwal kerja untuk memastikan bahwa produksi berjalan dengan lancar dan efisien.

8. Pemantauan dan Evaluasi Kinerja: Manajemen operasi dapat memantau dan mengevaluasi kinerja untuk memastikan bahwa produksi berjalan dengan lancar dan efisien. Contoh: Memantau dan mengevaluasi kinerja mesin dan tenaga kerja untuk memastikan bahwa produksi berjalan dengan lancar dan efisien.

9. Pembuatan dan Pemeliharaan Jadwal: Manajemen operasi dapat membuat dan memelihara jadwal untuk memastikan bahwa produksi berjalan dengan lancar dan efisien. Contoh: Membuat dan memelihara jadwal produksi untuk memastikan bahwa produksi berjalan dengan lancar dan efisien.

10. Pelaporan Hasil: Manajemen operasi dapat melaporkan hasil produksi untuk memastikan bahwa produksi berjalan dengan lancar dan efisien. Contoh: Melaporkan hasil produksi pada jadwal yang telah ditetapkan untuk memastikan bahwa produksi berjalan dengan lancar dan efisien.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Flatrons dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 14 Mar 23