Kegiatan projek hari ini:1. Membedakan jenis jenis sampah ( organik,

Berikut ini adalah pertanyaan dari hasnaanaufal pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Kegiatan projek hari ini:1. Membedakan jenis jenis sampah ( organik, anorganik, B3)
Berikan contoh nya masing masing minimal 5.

2. Membuat prosedur pembuatan kompos

3. Merancang pengemasan kompos...
Silakan buat ( gambarkan) stiker.

Boleh brownsing di internet.
Ini adalah tugas mandiri.​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1  Sampah organik adalah aneka sampah yang bisa diuraikan secara alami oleh lingkungan karena berasal dari sisa-sisa makhluk hidup. Contohnya dedaunan, sisa sayur dan buah, bangkai hewan, kotoran hewan, sisa daging, nasi dan seterusnya. Jenis sampah ini masih bisa diuraikan secara alami oleh hewan pengurai.

 sampah an organik adalah jenis sampah anorganik ini meliputi sampah-sampah yang sulit diuraikan secara alami hingga membutuhkan waktu ratusan tahun hingga tidak bisa sama sekali terurai. Pernahkah kamu menggali tanah lalu tidak sengaja menemukan plastik kemasan ataupun kaleng yang terpendam?

itulah yang terjadi pada sampah anorganik. Sekalipun ditimbun tanah, dia sulit diuraikan. Contohnya adalah sampah plastik, botol plastik bekas sabun, sampo, odol, sikat gigi plastik, botol kaca, styrofoam, karet/ban dan lainnya.

Nah, selain sampah organik dan anorganik, ada jenis lainnya yaitu sampah B3. Pernahkah kamu menggunakan obat semprot serangga? Ketika sudah habis, kaleng semprotnya akan menjadi sampah jenis B3. Yaitu sampah-sampah dari bahan kimia berbahaya dan beracun.

Jadi, kemasan-kemasan yang mengandung senyawa kimia berbahaya ini tidak boleh dibuang sembarangan. Harus dipisahkan dan diamankan karena potensi bahayanya cukup tinggi. Apalagi sampah B3 yang sering dapat kamu jumpai

contohnya Pembalut sekali pakai, popok sekali pakai, elektronik meliputi kabel bekas, telepon genggam, serta benda tajam seperti silet, alat pencukur, dan sebagainya

2

  • -Siapkan sampah rumah tangga yang akan diolah menjadi pupuk        
  •     kompos
  •   - Pisahkan sampah organik (sisa makanan/dedaunan) dengan sampah             plastik
  • Siapkan wadah berukuran besar untuk membuat pupuk kompos. ...
  • Masukkan tanah secukupnya ke dalam wadah yang telah diisi dengan sampah organik.

Penjelasan:

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ahmadfaizalka dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 30 Jun 23